Pelaut Sumbang Devisa Rp 16 Triliun

Pelaut Sumbang Devisa Rp 16 Triliun
Pelaut Sumbang Devisa Rp 16 Triliun
JAKARTA - Puluhan ribu pelaut yang dididik di Indonesia memilih bekerja di kapal-kapal asing untuk mengejar gaji tinggi. Setiap bulan mereka rata-rata mendapatkan gaji USD 3500 (sekitar Rp 32 juta) sehingga diperkirakan sumbangan devisa dari para pelaut itu mencapai Rp 16 triliun pertahun.

"Itu kita hitung dari sekitar 28 ribu pelaut yang bekerja di luar negeri saat ini, kiriman uangnya sangat besar bahkan lebih besar dibanding devisa yang dikirim TKI setiap tahunnya," ujar Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDM), Wahyu Setio Utomo, Kamis (22/3).

Oleh karena itu, dia menegaskan pentingnya membangun SDM transportasi untuk memenuhi kebutuhan pelaut yang begitu besar di seluruh dunia. Wahyu menerangkan, angka perolehan devisa Rp 16 triliun pertahun itu dihitung dengan asumsi gaji para pelaut Indonesia di luar negeri rata-rata USD 3500 perbulan.

Meskipun gaji para pelaut di luar negeri bisa mencapai USD 6000-7000 perbulan,"Dengan tawaran gaji sebesar itu mayoritas lulusan sekolah pelaut di Indonesia lebih senang kerja di kapal-kapal asing daripada tetap bertahan di dalam negeri," lanjutnya.

JAKARTA - Puluhan ribu pelaut yang dididik di Indonesia memilih bekerja di kapal-kapal asing untuk mengejar gaji tinggi. Setiap bulan mereka rata-rata

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News