Pelindo Sediakan Layanan Listrik Darat di Pelabuhan untuk Mengurangi Emisi Karbon

Pelindo Sediakan Layanan Listrik Darat di Pelabuhan untuk Mengurangi Emisi Karbon
Dari kiri ke kanan: Komut Pelindo, Dirut pelindo, Dirut SPJM, Ketua INSA, Dirjen Hubla Kemenhub, Direktur Kepelautan dan Perkapalan Kemenhub di acara penandatanganan MoU tentang penyediaan layanan onshore power supply di pelabuhan antara PT Pelindo Jasa Maritim dengan INSA di Bali, Selasa (18/10). Foto: Dokumentasi Humas Pelindo

jpnn.com, NUSA DUA - PT Pelindo Jasa Maritim, subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Group menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan Asosiasi Pemilik Pelayaran Nasional Indonesia atau Indonesian National Shipowners' Association (INSA).

Penandatanganan MoU tentang penyediaan layanan onshore power supply di pelabuhan tersebut dilakukan Direktur Utama PT Pelindo Jasa Maritim Prasetyadi dan Direktur Eksekutif INSA Estu Prabowo di hadapan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub Arif Toha Tjahyagama, Komisaris Utama dan Direktur Utama Pelindo di Bali, Selasa (18/10).

Adapun nota kesepahaman tersebut ditandatangani di sela-sela kegiatan The Business Matching Forum G20 di Bali yang merupakan rangkaian dari Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang digelar Kementerian BUMN.

Direktur Utama PT Pelindo Jasa Maritim Prasetyadi menyampaikan penandatanganan MoU ini menandai keterlibatan pelabuhan dan perusahaan pelayaran untuk mengambil peran aktif dalam upaya mengurangi emisi karbon yang dihasilkan dari aktivitas kapal di dermaga.

“Penandatanganan MoU ini menandai komitmen dan kolaborasi dunia pelayaran mulai dari pemerintah, yaitu Kementerian Perhubungan, Pelindo selaku badan usaha pelabuhan, serta INSA untuk secara bersama-sama melakukan dekarbonisasi di pelabuhan,” ujarnya.

Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub Arif Toha Tjahyagama turut memberikan dukungan melalui penerbitan surat edaran untuk penggunaan listrik darat atau onshore power connection (OPS).

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan surat edaran (SE) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut kepada INSA yang menjadi bentuk dukungan untuk implementasi layanan onshore secara lebih luas di pelabuhan.

OPS adalah layanan jaringan listrik dari darat untuk kapal-kapal yang sedang melakukan kegiatan bongkar muat di pelabuhan atau terminal untuk menggantikan peran mesin bantu yang digunakan kapal saat mereka bersandar.

PT Pelindo Jasa Maritim dan INSA menandatangani MoU terkait penyediaan layanan OPS atau listrik darat di pelabuhan guna mendukung pengurangan emisi karbon

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News