Pelni Genjot Pendapatan dari Muatan Balik

Pelni Genjot Pendapatan dari Muatan Balik
Ilustrasi kapal. Foto: Jawa Pos/JPNN

jpnn.com, PASURUAN - Return cargo atau muatan balik menjadi bidikan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni untuk menggenjot pendapatan.

Pelni mencatat saat ini tingkat keterisian muatan atau load factor kapal tol laut rata-rata 80–90 persen.

Kinerja tersebut sedikit lebih tinggi jika dibandingkan dengan posisi pada 2016 sebesar 80 persen.

Program tol laut merupakan jalur pelayaran yang menghubungkan antarpelabuhan. Tol laut tersebut dilayari kapal secara teratur dan terjadwal.

VP Pemasaran Kapal Tol Laut dan Ternak PT Pelni (Persero) Didik Dwi Prasetio menyatakan, mulai Juni 2017, Pelni melaksanakan penugasan tujuh di antara 13 trayek yang sudah ditetapkan oleh pemerintah terkait dengan program tol laut. Load factor 80–90 persen hanya ketika berangkat.

”Pulangnya dari wilayah timur. Muatan baliknya hanya 10–20 persen,” ucapnya di sela-sela kegiatan Shipper Gathering di Pasuruan pada Kamis (24/8).

Didik berpendapat bahwa ketidakseimbangan muatan antara wilayah barat dan timur Indonesia merupakan salah satu kendala implementasi tol laut.

”Padahal, sebenarnya, potensi wilayah timur Indonesia cukup besar,” katanya. Untuk itu, pihaknya berupaya memperbesar muatan balik. (car/c20/sof)


Return cargo atau muatan balik menjadi bidikan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni untuk menggenjot pendapatan.


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News