Pelonggaran Pemakaian Masker, Jenderal (Purn) Moeldoko Minta Masyarakat Tidak Terlalu Euforia

Pelonggaran Pemakaian Masker, Jenderal (Purn) Moeldoko Minta Masyarakat Tidak Terlalu Euforia
Dokumentasi - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Staf Kepresidenan Jenderal (Purn) Moeldoko mengingatkan masyarakat agar tidak terlalu euforia dalam menyikapi pelonggaran kebijakan pemakaian masker di area terbuka. 

Mantan Panglima TNI itu mengingatkan jangan sampai disiplin protokol kesehatan yang dibangun selama ini sia-sia begitu saja. 

“Mari dijaga demi keberlangsungan hidup kita,” kata Jenderal (Purn) Moeldoko dalam siaran pers di Jakarta, Kamis (19/5). 

Menurutnya, kebijakan pelonggaran memakai masker di area terbuka tidak untuk mengubah kebiasaan positif masyarakat mewaspadai penularan Covid-19, terutama menerapkan protokol kesehatan.

Meskipun ada kebijakan pelonggaran di ruang terbuka, masyarakat tetap perlu disiplin memakai masker di ruangan tertutup.

"Masyarakat juga masih perlu disiplin menerapkan prokes lain, seperti mencuci tangan dan jaga jarak,” imbuhnya.

Moeldoko mengatakan pandemi Covid-19 memberikan pelajaran positif bagi pemerintah dan masyarakat.

Dari sisi pemerintah, ujar dia, pandemi Covid-19 telah membuat pemerintah melakukan lompatan-lompatan besar dalam pembenahan ketahanan arsitektur kesehatan nasional, yakni melalui perbaikan-perbaikan struktur kesehatan di daerah, seperti penguatan puskesmas dan posyandu.

Jenderal (Purn) Moeldoko meminta masyarakat tidak euforia menyambut kebijakan pelonggaran masker di area terbuka. Disiplin prokes tetap harus dijaga. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News