Peluang Nominasi Sembilan Oscar

Peluang Nominasi Sembilan Oscar
Salah satu adegan dalam 'Avatar'. Foto: Internet.
LOS ANGELES - Film fantasi futuristik terbaru dari genre science-fiction, Avatar, memang masih marak diputar di sejumlah besar layar bioskop di seluruh dunia. Termasuk di berbagai pusat tontonan film Indonesia, dengan jumlah penonton yang cukup meyakinkan. Namun sementara itu, seiring peluang 'prestasi' box office yang tengah dirintisnya dengan penghasilan yang masih terus bertambah, prestasi lain kini siap menanti Avatar.

Prestasi dimaksud tak lain adalah di ajang penganugerahan gelar bergengsi insan film AS, yakni Academy Awards alias Piala Oscar yang akan datang. Bahkan sebagaimana ditulis Gregg Kilday di media Hollywood Reporter, serta dimuat Selasa (22/12) malam WIB, tak tanggung-tanggung, setidaknya 9 (sembilan) nominasi berpeluang diraih oleh film karya sutradara James Cameron ini.

Menurut Kilday, segala kemungkinan tersebut antara lain ada hubungannya dengan keputusan salah satu pihak berwenang Piala Oscar, yang dikenal dengan nama Academy of Motion Picture Arts and Sciences, dengan menambah daftar nominator Oscar untuk Film Terbaik menjadi 10 film. Untuk diketahui, keputusan itu baru saja dibuat pada Juni lalu, serta otomatis baru akan berlaku pertama kali di ajang Oscar mendatang, awal tahun besok.

"Bagian penting dari rasionalisasi keputusan 10 nominator untuk Film Terbaik Oscar itu adalah harapan agar para voters (pemilih) di Academy bisa mendapatkan film-film box office (yang juga berkualitas) sebagai kandidat. Ini sekaligus bakal memperluas potensi tayangan (acara Oscar), sekaligus menghindari kekecewaan para fans saat film-film seperti The Dark Knight (TDK) tak menang di Oscar," tulis Kilday pula.

LOS ANGELES - Film fantasi futuristik terbaru dari genre science-fiction, Avatar, memang masih marak diputar di sejumlah besar layar bioskop di seluruh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News