Peluang Usaha Pakan Ternak Menjanjikan, PNM Bina UMKM di Garut

Peluang Usaha Pakan Ternak Menjanjikan, PNM Bina UMKM di Garut
PNM Garut membina UMKM untuk mampu memproduksi pakan ternak untuk kebutuan peternak di wilayah itu. Foto: dok PNM

jpnn.com, JAKARTA - Terkenal akan kekayaan alam, Desa Cinta, Kecamatan Karangtengah, Garut juga memiliki banyak peternak. Mayoritas ternaknya adalah domba dan sapi pedaging.

Kepala Cabang PNM Kabupaten Garut, Abu Hasan mengatakan meski ternak merupakan fokus utama warga desa tetapi banyak tantangan yang dihadapi.

Menurutnya, salah satu tantangan peternak adalah pakan ternak yang mengandalkan daerah lain yang relatif mahal.

Padahal, seluruh bahan yang dibutuhkan tersedia di Desa Cinta.

"Beberapa warga telah berupaya untuk membuat pakan olahan, terutama kelompok wanita tani yang berada di Kampung Cibulakan. Namun, kualitas pakan yang mereka hasilkan masih belum sesuai dengan harapan dan kebutuhan peternak," ujar Abu Hasan dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (27/7).

Abu Hasan menjelaskan berangkat dari tantangan peternakan itu adalah PNM Cabang Garut mengadakan kegiatan Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) Klasterisasi Pakan Ternak.

PKU menjadi program perusahaan dalam meningkatkan produktivitas pelaku UMKM atau nasabah PNM. Dinobatkan sebagai juara dalam perlombaan desa di tingkat Provinsi Jawa Barat, Desa Cinta, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Garut menjadi lokasi klasterisasi ini dilangsungkan.

Abu Hasan mengatakan acara merupakan kerja sama dengan beberapa pihak dengan membuat terobosan baru dengan melatih anggota kelompok dalam memproduksi ternak olahan (konsentrat).

PNM Garut membina UMKM untuk mampu memproduksi pakan ternak untuk kebutuan peternak di wilayah itu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News