Pelumas Pertamina Tambah Negara Tujuan Ekspor

Pelumas Pertamina Tambah Negara Tujuan Ekspor
Pelumas Pertamina Tambah Negara Tujuan Ekspor
SURABAYA - Pertamina memiliki ambisi untuk memperbesar penguasaan pasar oli kendaraan roda empat di luar negeri. Apalagi, pelumas mobil yang diproduksi BUMN ini sudah menguasai 54 persen pasar dalam negeri. Pada tahun lalu, penjualan ekspor pelumas Pertamian baru sekitar 10 persen dari total penjualan dalam negeri. Dan diharapkan tahun ini porsinya bisa naik menjadi 15 persen.

Sales Regional Manager Pelumas Pertamina UPMS V Waljianto mengungkapkan bahwa pasar ekspor pelumas Pertamina masih kecil jika dibandingkan pasar domestik. Pada 2009, total penjualan oli pertamina di dalam negeri sebesar 380 ribu kiloliter. Sementara volume ekspor oli ke berbagai negara hanya sekitar 38.000 kiloliter. Beberapa negara tujuan ekspor adalah Australia, Singapura, Myanmar, Taiwan, Pakitasn, Uni emirat Arab, maupun Belgia.

"Di tahun ini, kami berharap untuk pasar domestik terjadi kenaikan penjualan sekitar 10 persen sedangkan untuk pasar ekspor kami berharap meningkat 15 persen," kata dia saat ditemui disela Pertamina Fastron Enduro Touring for Nation 2010 di Surabaya Plaza kemarin (28/07).

Data dari Pertamina memperlihatkan bahwa penguasaan pasar pelumas mobil  Pertamina 54 persen dari total pasar domstik sebesar 600.000 kiloliter per tahun. "Market share ini terbilang besar. Sebab luar negeri, industri oli yang memiliki pasar terbesar hanya mampu mengambil sebesar 45 persen dari total market di sana," kata Retail Marketing Manager Pelumas PT Pertamina Unit Pemasaran V wilayah Jawa Timur (Jatim), Bali dan Nusatenggara Afand pada kesempatan yang sama. "Kedepannya, kami akan berupaya memperbesar pasar di luar negeri, karena pasar di dalam negeri sudah sangatr gemuk."

SURABAYA - Pertamina memiliki ambisi untuk memperbesar penguasaan pasar oli kendaraan roda empat di luar negeri. Apalagi, pelumas mobil yang diproduksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News