Pemasaran Produk Inovasi Teknologi Butuh Regulasi Pemerintah

Pemasaran Produk Inovasi Teknologi Butuh Regulasi Pemerintah
Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kemenristekdikti Jumain Appe. Foto: Humas Kemenristekdikti

jpnn.com, BOGOR - Regulasi pemerintah menjadi kunci keberhasilan pemasaran produk-produk inovasi teknologi. Tanpa keberpihakan regulasi, menurut Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Jumain Appe, akan sulit memanfaatkan dan memasarkannya

"Mesti ada aturan yang mendorong keberpihakan, yang bisa diwujudkan dengan penggunaan hasil inovasi dan teknologi anak bangsa di dalam negeri. Setelah produknya di-launching, maka langsung digunakan nasional," ungkap Jumain dalam Ekspose Produk Inovasi sebagai Capaian Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi di Bogor, Rabu (19/12).

Soal keberpihakan dari pemerintah, Jumain mencontohkan Korea Selatan dan Tiongkok, yang selama ini pemerintahnya sangat mendukung produk-produk inovatif dari anak bangsa mereka.

Jika pun produk tersebut kualitasnya masih kurang bagus, produk itu tetap dipakai dulu dengan tetap melakukan proses penyempurnaan kualitasnya.

Dia mengingatkan, karena perkembangan teknologi sangat cepat, regulasi yang ada kadang kurang mendukung inovasi tersebut. Dia mencontohkan inovasi produk motor listrik Gesits, agar sukses di pasar, motor ini butuh dukungan regulasi yang kondusif. Misalnya, menyangkut ketentuan pengujian kelayakannya sebagai moda transportasi.

"Intinya, kalau ingin produk anak bangsa jadi raja di negeri sendiri harus diperkuat dengan regulasi," tandasnya. (esy/jpnn)

 


Perkembangan teknologi sangat cepat akan sia-sia tanpa dukungan regulasi dari pemerintah.


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News