Pembalap Indonesia Tercepat di Tes Pramusim World SuperSport

Pembalap Indonesia Tercepat di Tes Pramusim World SuperSport
Galang Hendra Prata saat sesi tes pramusim di WSSP 300, Spanyol. (Foto: Yamaha)

jpnn.com, SPANYOL - Pembalap binaan Yamaha Racing Indonesia (YRI), Galang Hendra Pratama menjadi yang tercepat dalam tes pramusim World SuperSport 300 (WSSP 300) di Sirkuit MotorLand Aragon, Spanyol, (16-18/3).

Rider berusia 19 tahun asal Yogyakarta yang bergabung di tim Yamaha MotoX Racing ini mengukir waktu terbaik 2 menit 11,331 detik.

Patut dipahami, lintasan Aragon yang memiliki panjang 5.077 km dipenuhi banyak tikungan. Masing-masing 7 tikungan ke kanan dan 10 ke kiri.

Sebagai perbandingan saja, saat balapan WSSP300 musim lalu di lintasan yang sama, catatan waktu tercepat adalah 2 menit 12,501 detik yang ditorehkan pembalap Italia, P. Grassia (Tim 3570 Made in CIV). Kecepatan rata-ratanya 137,940 km/jam. Itu saat latihan bebas 1 (FP1).

Tentu saja, ujicoba yang berjalan selama 3 hari ini menjadi penting bagi Galang Hendra hingga dapat lebih baik dengan Yamaha YZF-R3. Termasuk dengan tim, pun mencari data set-up terbaik suspensi dan melakukan simulasi balapan.

Adapun setiap sesi pengujian yang melibatkan lebih dari 30 pembalap ini berlangsung dalam beberapa sesi di mana 1 sesi memiliki waktu 30 menit.

Selama 3 hari tes, hanya hari pertama saja yang efektif hingga diselenggarakan 5 sesi, sedangkan hari ke-2 kondisinya hujan deras dan hari ke-3 temperatur udara yang begitu rendah dan hembusan angin sangat kencang.

“Saya sangat senang untuk hasil pre-season ini. Secara keseluruhan hasil tesnya bagus setiap sesi dapat improve. Juga mulai mengenal sirkuit dan mendapatkan ritmenya. Saya menatap positif, untuk seri pertama bersama dengan tim,” ucap Galang optimistis.

Seri pertama WSSP300 akan dihelat pada 14-15 April nanti di trek Aragon, Spanyol. Total diselenggarakan 8 putaran WSSP300 dalam rangkaian seri WSBK 2018 yang hadir di Eropa. (mg8/jpnn)


Pembalap binaan Yamaha Indonesia, Galang Hendra Pratama menjadi yang tercepat dalam tes pramusim World SuperSport 300 di Sirkuit MotorLand Aragon, Spanyol.


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News