Pembangunan Infrastruktur Dinilai Berhasil Mendorong Pembangunan Daerah

Pembangunan Infrastruktur Dinilai Berhasil Mendorong Pembangunan Daerah
Para pembicara dalam diskusi IndoSterling Forum bertajuk Mengukur Infrastruktur: Sejauh Mana Pembangunan Infrastruktur Menstimulasi Pembangunan Ekonomi di Daerah, Selasa (6/8). Foto IST

jpnn.com, JAKARTA - Pembangunan Infrastruktur di era Presiden Joko Widodo diklaim terbukti berhasil mendorong perekonomian daerah. Meski begitu pemerintah daerah didorong untuk terus berinovasi agar bisa semakin mengoptimalkan potensi daerah masing-masing, terutama di sektor pariwisata dan ekonomi pedesaan.

Deputi I Kepala Staff Kepresidenan Bidang Pengendalian Pembangunan Program Prioritas Darmawan Prasojo mengatakan proyek infrastruktur bukan hanya mengurangi waktu tempuh perjalanan ataupun mempercepat jalur logistik, tapi lebih jauh lagi mendorong dan menggerakkan ekonomi kerakyatan.

"Dulu Jakarta - Cirebon ditempuh dengan waktu 10-12 jam , sekarang hanya 3,5 - 4 jam saja,. Kehadiran Infrastruktur ini mendorong berkembangnya ekonomi daerah," ujar Darmawan dalam diskusi IndoSterling Forum bertajuk Mengukur Infrastruktur: Sejauh Mana Pembangunan Infrastruktur Menstimulasi Pembangunan Ekonomi di Daerah, Selasa (6/8).

Kehadiran Infrastruktur iuga mendorong industri pariwisata dan bisnis lokal. Dia mencontohkan, jumlah pedagang kuliner Cirebon meningkat setelah adanya Tol Cipali.

"Pembangunan infrastruktur mendorong pariwisata dan mampu menggerakkan ekonomi rakyat di daerah," ujarnya.

Darmawan menyebutkan visi pembangunan infrastruktur Presiden Jokowi sangat sederhana namun dengan kesederhanaanya itu menghilangkan hambatan dalam pelaksanaanya.

"Kita melihat bahwa pembangunan infrastruktur di seluruh pulau-pulau di Republik ini telah berbuah manis, berhasil menggerakkan perekonomian rakyat," ujarnya.

Hanya saja dia mengingatkan, pembangunan infrastruktur tanpa adanya interaksi dan koordinasi pemerintah daerah, investor dan komponen masyarakat tidak akan terwujud.

Kehadiran Infrastruktur iuga mendorong industri pariwisata dan bisnis lokal. Seperti, jumlah pedagang kuliner Cirebon meningkat setelah adanya Tol Cipali.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News