Pembangunan Tol Akses Bandara Kertajati Ditargetkan Rampung Akhir September

Pembangunan Tol Akses Bandara Kertajati Ditargetkan Rampung Akhir September
Pekerja saat melakukan pembangunan akses tol BIJB Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Senin (30/8). Foto: ANTARA/HO-Humas Cipali

jpnn.com, CIREBON - Saat ini pembangunan tol akses ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Kabupaten Majalengka, dari Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) telah mencapai 95 persen.

Direktur Operasi ASTRA Tol Cipali Agung Prasetyo mengatakan pembangunan ditargetkan selesai akhir September 2021.

"Saat ini progres pembangunan akses tol ke BIJB sudah mencapai lebih dari 95 persen," kata dia melalui pesan tertulis yang diterima di Cirebon, Senin.

Menurut Agung, pembangunan akses Tol BIJB saat ini sudah merampungkan pekerjaan rigid pavement atau perkerasan kaku pada fase 1. Sementara untuk fase 2 segera diselesaikan dalam minggu ini.

Setelah selesai, pekerja nantinya akan fokus pada pemasangan fasilitas jalan seperti rambu, lampu penerangan jalan dan juga area simpang susun tol akses yang mengusung ikon dengan kearifan lokal daerah Jawa Barat. 

"Diharapkan penyelesaian pekerjaan pembangunan tol akses BIJB dapat selesai di akhir September, kemudian dilakukan proses uji layak operasi oleh Kementerian PUPR dan diharapkan jalan tol akses dapat dioperasikan pada awal bulan November 2021," katanya.

Agung mengharapkan keberadaan tol akses ini dapat makin mempermudah konektivitas dan logistik, khususnya dalam menunjang proyek Segitiga Rebana yang diinisiasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Kontribusi ASTRA Tol Cipali dalam pembangunan tol ini adalah akses dengan total panjang jalan sekitar 3,7 kilometer lebar lajur 3,6 meter yang memiliki jumlah empat lajur untuk dua arah.

Pembangunan tol akses ke Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati Kabupaten Majalengka, dari Tol Cipali telah mencapai 95 persen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News