Pembayaran Klaim Catat Rekor, Jamkrindo Lahirkan Lagi 4 Anak Usaha

Pembayaran Klaim Catat Rekor, Jamkrindo Lahirkan Lagi 4 Anak Usaha
Direktur Utama Jamkrindo, Diding S Anwar. Foto: dok/Indopos-JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Perum Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) kembali melakukan pengembangan. Tahun ini, sedikitnya ada empat anak perusahaan yang akan didirikan. Rencana aksi korporasi itu mendapat dukungan dari pemilik modal dengan telah diterbitkannya izin prinsip oleh Menteri BUMN Rini Soemarno tertanggal 15 Januari 2015.

Direktur Utama Jamkrindo, Diding S Anwar menjelaskan anak usaha yang akan didirikan ini bakal bergerak di bisnis reasuransi, asuransi, manajemen investasi, dan penjaminan umum. 

Sebelumnya, akhir tahun lalu, Jamkrindo telah memiliki satu anak perusahaan yaitu PT Penjaminan Jamkrindo Syariah. "Tahun ini kita menerapkan strategi bisnis menuju market leader penjaminan,” kata Diding pada acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di kantor pusat Jamkrindo, Kemayoran, Jakarta, Senin (19/1).

Turut hadir dalam rakernas, jajaran direksi, kepala wilayah dan kepala cabang dari seluruh Indonesia, serta kepala divisi dan kepala bagian.

Diding menuturkan, meski tetap harus untung, perusahaan pelat merah ini tidak sepenuhnya profit oriented. Sesuai tujuan pendirian, Jamkrindo akan tetap pada khitahnya, membantu mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Tanah Air.
 
"Nah, anak-anak perusahaan nanti yang akan cari untung. Jamkrindo fokus mengembangkan UMKM,” jelasnya.

Para pelaku UMKM, yang bisnisnya sudah berkembang dan menjadi perusahaan besar tidak bisa lagi dilayani oleh Jamkrindo. Namun sekarang ada Jamkrindo Syariah, perusahaan non-UMKM yang berbasis syariah bisa dilayani oleh anak usaha tersebut. Jamkrindo Syariah sendiri bisa melayani UMKM maupun non-UMKM. 

Sedangkan perusahaan besar yang tidak berbasis syariah akan dilayani oleh anak usaha Jamkrindo yang bergerak di bidang penjaminan. "Usaha penjaminan ini potensinya sangat besar. Kita ingin mengoptimalkan pangsa pasar yang ada dengan mendirikan beberapa anak usaha. Supaya posisi Jamkrindo sebagai market leader penjaminan semakin kokoh,” tandas Diding.

Di luar bisnis penjaminan, anak usaha Jamkrindo akan ikut bermain di bisnis asuransi, manajemen dan investasi yang potensinya tak kalah besar. Optimisme Jamkrindo mendirikan beberapa anak usaha seiring peningkatan kinerja perusahaan. 

JAKARTA - Perum Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) kembali melakukan pengembangan. Tahun ini, sedikitnya ada empat anak perusahaan yang akan didirikan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News