Pembiayaan Untuk Timnas U-19 Dihentikan

Pembiayaan Untuk Timnas U-19 Dihentikan
Dokumentasi-Menpora Zainudin Amali saat membuka kegiatan penumbuhan minat kewirausahaan pemuda di Mandalika, NTB menyambut ajang MotoGP 2021 di Indonesia. (ANTARA/HO/Kemenpora)

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) telah menyetop pembiayaan seluruh kegiatan Tim Nasional U-19 Indonesia yang menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) setelah pengumuman pembatalan Piala Dunia U-20 2021.

Menurut Menpora Zainudin Amali, setelah FIFA mengumumkan pembatalan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia pada 24 Desember 2020, seluruh kegiatan timnas U-19, termasuk pemusatan latihan (TC) di Spanyol menjadi tanggung jawab PSSI.

“Terkait anggaran, saya tegaskan kembali, untuk timnas U-19 yang tadinya dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 2021 itu masih kami berikan dari APBN," ujar Zainudin Amali, Rabu (13/1).

"Tetapi begitu ada pengumuman FIFA, langsung kami tutup. Kemudian kami buat verifikasi tentang LPJ (laporan pertanggungjawaban). Soal ada pembiayaan kegiatan di luar itu jadi tanggung jawab federasi," ujarnya menambahkan.

Zainudin melanjutkan, sejak pemberitahuan pembatalan dari FIFA diumumkan, PSSI pun telah setuju terkait pemberhentian anggaran dari APBN itu.

Meski demikian, Kemenpora siap memfasilitasi anggaran pelatnas selanjutnya, termasuk rencana PSSI soal TC jangka panjang timnas U-19 untuk Piala Dunia U-20.

Namun, PSSI harus mengirim proposal baru yang komprehensif terkait rencana dan pola pelatnas, target, serta komposisi timnas yang dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 2023.

Kemenpora nantinya akan meninjau perencanaan PSSI terkait rencana TC jangka panjang.

Pembiyaan bagi Timnas U-19 untuk Piala Dunia U-20 dihentikan, karena penyelenggaraannya ditunda hingga 2023.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News