Pembobolan Server UNBK: Soal Difoto Lalu Disebar

Pembobolan Server UNBK: Soal Difoto Lalu Disebar
Pembobolan Server UNBK: Soal Difoto Lalu Disebar. Ilustrasi Radar Surabaya/JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Pembobolan server UNBK mewarnai Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2018 di salah satu SMP di Surabaya, Jawa Timur.

Polisi tak tinggal diam. Dengan sigap, korps Bhayangkara itu bergerak. Melakukan penyelidikan terhadap soal ujian yang tersebar sebelum UNBK digelar.

Selain pengecekan komputer yang servernya sudah diakses secara ilegal, polisi juga memeriksa sejumlah saksi atas kasus pembobolan server UNBK tersebut.

Hasilnya polisi memang menemukan adanya kecurangan itu. Bahkan informasinya, polisi sudah membekuk pelaku yang mengakses secara ilegal computer yang digunakan untuk ujian itu.

Radar Surabaya (Jawa Pos Group) melaporkan, setelah memeriksa saksi dari Dispendik, polisi juga melakukan pemeriksaan sejumlah saksi dari pihak sekolah SMP yang bersangkutan.

Pemeriksaan itu dilakukan untuk mengatahui kronologis dan dugaan adanya keterlibatan pihak sekolah terkait kasus ini.

Kemudian penyelidikan polisi pun berkembang kepada teknisi yang diduga sebelumnya mengotak-atik komputer yang digunakan untuk ujian itu. Dari keterangan itulah, polisi mendapatkan petunjuk jika akses ilegal tersebut memang dilakukan.

Bahkan, informasinya jika pelaku pengakses server tersebut sudah diamankan polisi dan ditetapkan tersangka.

Pembobolan server UNBK mewarnai Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di salah satu SMP di Surabaya, Jawa Timur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News