JPNN.com

Nilai Unas SMA – SMK Diumumkan Sore, Ini Alasannya

Kamis, 03 Mei 2018 – 10:00 WIB Nilai Unas SMA – SMK Diumumkan Sore, Ini Alasannya - JPNN.com

jpnn.com, LOMBOK - Nilai Unas (Ujian Nasional) tingkat SMA – SMK diumumkan hari ini (3/5). Wakil Kepala SMAN 1 Gunungsari, Lombok Barat, NTB, Mansur mengatakan, sedianya pengumuman disampaikan kepada siswa pukul 15.00 waktu setempat.

Tetapi, diundur menjadi pukul 17.00 waktu setempat. ’’Tujuannya, tidak ada kesempatan jalan-jalan atau konvoi,’’ katanya, Rabu (2/5).

Mansur mengatakan, pihak sekolah mendapat nilai hasil unas dari dinas pendidikan provinsi pada Selasa (1/5). Sementara itu, dinas pendidikan provinsi memperoleh hasil unas dari Kemendikbud pada Senin (30/4).

Dia menegaskan bahwa yang dipakai acuan kelulusan adalah nilai USBN, bukan skor unas. Skoring USBN dilakukan sekolah masing-masing. Batas nilai kelulusan juga diserahkan kepada sekolah masing-masing.

Dia mengatakan, kriteria kelulusan di SMAN 1 Gunungsari, Lombok Barat, ditetapkan rata-rata nilai USBN 7,5 poin dan nilai minimal masing-masing pelajaran 7.

Dia mengatakan belum bisa menyampaikan nilai unas secara detail. Sebab, nilai unas baru diumumkan di sekolah pada 4 Mei. Mansur hanya menyampaikan, nilai unas tertinggi tahun ini 285,5 poin. Sementara itu, tahun lalu nilai tertingginya 274,5 poin. Baik tahun ini maupun tahun lalu, nilai tertinggi diraih anak IPA.

’’Yang diumumkan besok (hari ini, Red) sebatas informasi siswa bersangkutan lulus atau tidak lulus saja,’’ jelasnya. Pengumuman akan disampaikan melalui beberapa media. Yaitu, website sekolah, grup WhatsApp (WA), SMS center, dan Facebook resmi sekolah. Siswa yang ingin mengetahui nilai unasnya bisa datang ke sekolah pada 4 Mei.

Mansur menyatakan sampai kemarin belum bisa menganalisis nilai unas untuk sekolahnya. Apakah tahun ini banyak siswa yang nilainya naik atau malah sebaliknya, banyak yang turun. Dia menjelaskan, nanti nilai USBN, sebagai penentu kelulusan, disajikan langsung di ijazah. Sementara itu, nilai unas akan ada di lembar tersendiri. (ris/syn/ang)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...