Pemda Diminta Permudah Izin Rusunami

Rumah Subsidi Turun 30 Persen

Pemda Diminta Permudah Izin Rusunami
Pemda Diminta Permudah Izin Rusunami
JAKARTA—Krisis global yang terjadi pada 2008 memberikan dampak besar pada sektor perumahan. Angka penjualan untuk perumahan bersubsidi maupun non subsidi turun hingga 30 persen.

Menurut Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Menteri Negara Perumahan Rakyat (Menpera) Tito Murbaintoro, pengembang untuk perumahan bersubsidi melaporkan kalau penjualan rumah mengalami penurunan hingga 30 persen, akibat menurunnya daya beli masyarakat. "Perumahan bersubsidi saja menurun drastis penualannya, apalagi yang non subsidi," terangnya di Jakarta, Kamis (4/6).

Hingga Mei 2009, pembangunan rumah bersubsidi baru 23 persen. Demikian juga subsidi perumahan ikut menurun. Tergetnya, ada 55 ribu perumahan dengan nilai Rp 141 miliar.

Lebih lanjut dikatakan, pihak Menpera berupaya mencegah kenaikan harga rumah murah untuk masyarakat berpenghasilan rendah mengingat sulitnya perekonomian saat ini dengan memberikan berbagai fasilitas tambahan kepada pengembang. Misalnys, memperjuangkan PPn jasa konstruksi bisa nol persen dan tidak dibayar.

JAKARTA—Krisis global yang terjadi pada 2008 memberikan dampak besar pada sektor perumahan. Angka penjualan untuk perumahan bersubsidi maupun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News