Pemda Ngotot Minta Jatah Inalum 60 Persen

Pemda Ngotot Minta Jatah Inalum 60 Persen
Pemda Ngotot Minta Jatah Inalum 60 Persen
JAKARTA -- Plt Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho memanfaatkan momen-momen informal untuk melobi pusat agar Pemprov Sumut dan 10 Pemkab/Pemko di sekitar Danau Toba, mendapat jatah saham PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) secara layak. Kepada Menteri Perindustrian (Menperin) MS Hidayat yang berkunjung ke Medan beberapa waktu lalu, Gatot menyampaikan usulan pembagian saham Inalum pascahabis kontrak 2013.

"Saya sampaikan lagi ide sederhana, yakni 60 persen untuk pemda dan 40 persen pusat. Yang 60 persen itu, 20 persen untuk pemprov dan 40 persen untuk 10 kabupaten/kota," ujar Gatot Pujo Nugroho kepada wartawan di Jakarta, kemarin.

Dia cerita, keinginan itu dia sampaikan ke MS Hidayat saat dalam perjalanan di lokasi acara. Hanya saja, cerita Gatot, MS Hidayat belum memberikan jawaban tegas. Namun, Hidayat janji akan membahas usulan itu di tingkat pusat. "Menteri mengatakan, "ya nanti kita bahas".Yang sudah pasti, komitmen pusat sudah jelas bahwa Inalum akan diambil," terang Gatot.

Lantas, lanjut Gatot, saat acara Bina Usaha di Grand Angkasa, ada pertanyaan lagi yang diajukan ke MS Hidayat terkait pengelolaan Inalum pascaputusa kontrak 2013. Di situ Hidayat menjelaskan bahwa hingga saat ini belum ada keputusan dari pemerintah pusat, siapa nantinya yang akan dipercaya mengelola Inalum. "Apa ada BUMN baru, atau yang lama. Yang sudah disampaikan, pasti ada share saham untuk Inalum," terang Gatot.

JAKARTA -- Plt Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho memanfaatkan momen-momen informal untuk melobi pusat agar Pemprov Sumut dan 10 Pemkab/Pemko di sekitar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News