Pemecatan Hervina Bukti Pemerintah Gagal Memperbaiki Nasib Guru Honorer

Pemecatan Hervina Bukti Pemerintah Gagal Memperbaiki Nasib Guru Honorer
Prof Zainuddin Maliki. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi X DPR RI Prof Zainuddin Maliki membela guru honorer di Kabupaten Bone yang dipecat lantaran mengunggah bukti gaji senilai Rp 700 ribu yang diterimanya ke media sosial.

Kasus yang dialami Hervina, guru honorer di SD Negeri 165 Sadar, Kecamatan Tellu Limpoe, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan ini merupakan gambaran betapa kondisi memprihatinkan pendidikan nasional kita.

"Bagaimana sebenarnya kasus pemecatan itu terjadi memang diharapkan Kemendikbud melalui Dinas Pendidikan, Pemda setempat dan pihak terkait memberikan klarifikasi," kata politikus Fraksi PAN ini dalam pesan elektroniknya kepada JPNN.com, Sabtu (13/7).

Dia berharap kasus ini ditangani dengan prinsip kekeluargaan. Terlepas bagaimana hal itu bisa terjadi, kasus ini menambah bukti bahwa pemerintah belum bisa hadir dalam memperbaiki nasib guru honorer.

Padahal kehadiran guru honorer karena ketidakmampuan negara dalam mencukupi tenaga pendidik. 

"Sungguh sangat besar jasa guru honorer. Dengan gaji yang sangat tidak memadai bersedia melakukan tugas mulia, mencerdaskan kehidupan anak bangsa yang sesungguhnya hal itu adalah kewajiban negara," ujarnya.

Sebelumnya Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud Iwan Syahril mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bone untuk menyelesaikan isu yang berkembang terkait kasus unggahan gaji guru honorer, Hervina di SD Negeri 169 Sadar, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

“Kami terus berkoordinasi dengan Kadisdik Bone untuk mencari solusi terbaik terkait kejadian ini,” terang Dirjen Iwan dalam keterangannya, Jumat (12/2). 

anggota Komisi X DPR prof Zainuddin menilai pemerintah tidak bisa hadir dalam memperbaiki nasib guru honorer

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News