Pemerintah Ajak Masyarakat Mewaspadai Gelombang Baru Penularan Covid-19

Pemerintah Ajak Masyarakat Mewaspadai Gelombang Baru Penularan Covid-19
Menkominfo Johnny G Plate. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengajak semua elemen bangsa mewaspadai gelombang ke-3 penularan Covid-19. Sebab, beberapa negara terjadi angka kenaikan kasus harian.

"Pemerintah mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama mengantisipasi gelombang ke-3 Covid-19 seiring meningkatnya kasus di beberapa negara tetangga, seperti Filipina, Malaysia, dan Singapura," ujar Johnny dalam keterangan persnya, Selasa (21/9).

Pria yang juga sekjen Partai NasDem itu menyebut pemerintah telah belajar dari pengalaman menghadapi gelombang Covid-19 pada Juni-Agustus 2021.

Misalnya, pemerintah jauh lebih siap mengantisipasi potensi gelombang baru dengan mengoptimalkan sinergi antarlembaga.

Selain itu, pemerintah juga mengeluarkan kebijakan dengan tepat seperti pembatasan pintu masuk kedatangan internasional via udara, darat, dan laut.

Kebijakan itu diikuti dengan peningkatan pengawasan oleh TNI-Polri di pintu masuk internasional yang tidak resmi.

Kebijakan lainnya, kata Johnny, pemerintah juga mensyaratkan vaksinasi, PCR tiga kali, dan karantina terpusat selama 8 hari bagi pelaku perjalanan internasional.

Langkah selanjutnya, kata dia, pemerintah terus menjaga momentum penurunan Covid-19 dengan menerapkan PPKM berlevel, mengakselerasi vaksinasi, dan penguatan 3T dan 3M.

Menkominfo Johnny G Plate mengajak masyarakat mewaspadai gelombang baru penularan Covid-19 dengan disiplin prokes.