Pemerintah Bakal Jamin Keselamatan Kerja Wartawan

Pemerintah Bakal Jamin Keselamatan Kerja Wartawan
Presiden Joko Widodo memperkenalkan Menkominfo Jhonny G Plate di Veranda Depan Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (/23/10). Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (MenkominfoJohnny G. Plate menerangkan pemerintahan di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal lebih memerhatikan pekerja pers alias wartawan.

Johnny mengatakan, pemerintah telah berkomitmen untuk menjaga keselamatan setiap wartawan.

“Semua pihak harus melakukan evaluasi yang menyeluruh ya, bahwa pers itu satu profesi yang juga dengan risiko yang besar khususnya keselamatan kerja," kata Johnny dalam acara Refleksi Kebebasan Pers Tahun 2019 di Jakarta, Selasa (17/12).

Politikus dari Partai NasDem ini pun meminta kepada wartawan agar dibekali pengetahuan jika ditugaskan di daerah-daerah konflik atau daerah yang rawan aksi persekusi.

“Harus mengikuti embedded yaitu menempel pasukan dengan cara-cara yang benar, di situasi ada ancaman bahaya ya bencana misalnya juga ada prosedurnya itu, nah ini juga tentu perlu juga menjadi bagian evaluasi,” sambung Johnny.

Dia juga meminta agar tidak ada yang melakukan persekusi terhadap wartawan. Polri pun diharapkan bisa melakukan proses hukum apabila ada persekusi.

“Ini harus dievaluasi secara menyeluruh, yang salah harus dihukum, tetapi jangan semuanya kita anggap benar karena benar dan salah itu sangat tergantung kepada fakta lapangannya yang sebenarnya dan itu tentu hukum,” tandas dia. (cuy/jpnn)

Menkominfo meminta agar tidak ada yang melakukan persekusi terhadap wartawan yang sedang bertugas.


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News