Pemerintah Berusaha Tekan Bunga KUR

Realisasi KUR Sudah Lebih 50 Persen

Pemerintah Berusaha Tekan Bunga KUR
Pemerintah Berusaha Tekan Bunga KUR
JAKARTA — Realisasi penyerapan Kredit Usaha Rakyat (KUR) hingga Agustus 2010 lalu sudah mencapai Rp 13 triliun atau 50 persen lebih dari target yang ditetapkan untuk tahun ini. Menurut Menko perekonomian, Hatta Rajasa, penyerapan KUR di atas 50 persen pada akhir kuartal ke III-2010 merupakan realisasi yang lebih baik dari periode yang sama tahun sebelumnya.

"Penyaluran KUR tahun ini memang agak lambat tapi realisasi penyerapan sudah lebih baik diatas 50 persen lebih. Ini penyerapannya sudah sangat baik dari periode sebelumnya," kata Hatta pada wartawan di Jakarta, Rabu (15/9).

Dikatakan Hatta, sejak bergulirnya KUR pada 2007, Pemerintah telah menyediakan anggaran sebesar Rp100 triliun yang akan disalurkan hingga 2014. Setiap tahunnya anggaran KUR akan disalurkan sebesar Rp20 triliun.

Nantinya, penyaluran KUR melalui Kementrian dan Lembaga terkait, seperti Direktorat Jenderal Kelautan dan Perikanan (DKP), Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Kementerian Perdagangan (Kemendag), Kementerian Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan Koperasi. "KUR dan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM) adalah program yang berhubungan langsung dengan masyarakat, jadi akan terus kita lakukan dengan lebih fokus," kata Hatta.

JAKARTA — Realisasi penyerapan Kredit Usaha Rakyat (KUR) hingga Agustus 2010 lalu sudah mencapai Rp 13 triliun atau 50 persen lebih dari target

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News