Pemerintah Diminta Bentuk TPF Atas Kekerasan Terhadap Nakes di Papua

Pemerintah Diminta Bentuk TPF Atas Kekerasan Terhadap Nakes di Papua
Tenaga kesehatan (nakes). Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Forum Solidaritas Kemanusiaan (FSK) menyoroti aksi kekerasan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Distrik Kiwirok, Papua, yang menyebabkan seorang tenaga kesehatan (nakes) meninggal dan dua nakes perempuan mengalami kekerasan seksual.

“Kekerasan terhadap nakes sangat disesalkan terutama di saat masyarakat Indonesia umumnya dan masyarakat Papua, sangat membutuhkan tenaga kesehatan,” kata anggota pengarah FSK Nursyahbani Katjasungkana dolam siaran persnya, Selasa (21/9).

Insiden penyerangan Puskesmas Kiwirok dan rentetan kekerasan sebelumnya tidak dapat dilihat sebagai kejahatan kriminal biasa.

FSK berharap pemerintah pusat dan pemda Papua mengambil tindakan yang perlu untuk menjaga keamanan pada tempat-tempat pelayanan publik.

“Kami mendorong dibentuk tim pencari fakta (TPF) untuk mengusut kekerasan di Kiwirok. Sebabnya, awal mula peristiwanya masih samar sehingga harus terjawab tuntas,” kata Nursyahbani.

Nursyahbani menambahkan laporan TPF nantinya dapat menjadi dasar bagi pemerintah pusat bersama Pemrov Papua untuk membuka kembali dialog antara Jakarta dan Papua demi menyelesaikan persoalan Papua.

Menurutnya, TPF penting untuk menghindari segala macam spekulasi yang menimbulkan misleading information and action atas kekerasan tersebut.

TPF bisa dibentuk terdiri dari perwakilan pemerintah, perguruan tinggi, kelompok independen, dan LSM Papua serta Komnas HAM perwakilan Papua dan Komnas Perempuan.

FSK meminta pemerintah membentuk TPF atas kekerasan yang dialami nakes di Papua.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News