Pemerintah Diminta Beri Dukungan Untuk Industri Hilir Sawit

Pemerintah Diminta Beri Dukungan Untuk Industri Hilir Sawit
Kegiatan diskusi yang diadakan asosiasi hilir sawit bersama Forwatan. Dok Forwatan.

jpnn.com, JAKARTA - Industri hilir sawit akan menghadapi tantangan berat baik di dalam dan luar negeri sebagai dampak resesi global dan kondisii perekonomian masyarakat.

Pemerintah diharapkan mampu menciptakan kebijakan dan dukungan terutama mengantisipasi dampak hambatan dagang di negara tujuan ekspor.

Perkembangan bisnis hilir sawit ini disampaikan dalam buka puasa bersama antara Forum Wartawan Pertanian dengan Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (APROBI), Asosiasi Produsen Oleochemical Indonesia (APOLIN), dan Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI) di Jakarta.

Selain itu, tiga asosiasi hilir sawit ini berkolaborasi dengan Forum Wartawan Pertanian untuk memberikan bantuan kepada anak yatim dan masyarakat kurang mampu melalui yayasan sosial di sekitar Jabodetabek.

“Peranan media sangat luar biasa untuk mendukung berjalannya industri hilir sawit termasuk program biodiesel. Makanya kami harapkan kerja sama ini dapat terus berlanjut,” ujar Ketua Harian APROBI Paulus Tjakrawan dalam siaran persnya, Selasa (28/3).

Dia menjelaskan bahwa program biodiesel telah mencapai bauran 35 persen yang diharapkan akan terus meningkat di tahun-tahun mendatang.

Pada 2023, target penggunaan biodiesel akan mencapai 13,15 juta kiloliter yang mampu mengurangi impor minyak solar hingga Rp 140 triliun.

“Program biodiesel merupakan bagian dari upaya mencapai target nol emisi pada 2060. Karena itulah, perlu didorong program bioenergi lainnya seperti bioavtur, bioethanol, dan bensin sawit,” ujarnya.

Asosiasi hilir sawit berharap pemerintah bisa memberikan dukungan serta menciptakan kebijakan yang menguntungkan industri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News