Pemerintah Dinilai Lamban Tangani Gempa Papua

Pemerintah Dinilai Lamban Tangani Gempa Papua
Pemerintah Dinilai Lamban Tangani Gempa Papua
JAKARTA -- Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Gusti Kanjeng Ratu Hemas menilai reaksi Pemerintah yang sangat lamban menangani gempa bumi 7,1 skala ritcher (SR) yang mengguncang Kabupaten Yapen Kepulauan dan Kabupaten Biak, Papua, Rabu (16/6) lalu. Hingga lebih sepekan, Pemerintah belum berbuat yang optimal, padahal bencana alam itu telah mengakibatkan kerugian jiwa dan harta.

"Hal ini menunjukkan adanya ketimpangan perhatian Pemerintah terhadap seluruh daerah di wilayah Republik Indonesia, yang terbentang dari Sabang ke Merauke dan dari Pulau Miangas ke Pulau Rote," ujar Hemas yang juga Ketua Task Force Penanggulangan Bencana Gempa DPD di Gedung DPD Kompleks Parlemen, Jumat (25/6).

Mestinya, sambung anggota DPD dari DIY itu, Pemerintah memperlakukan seluruh daerah sama pentingnya, baik yang berjarak jauh maupun yang berjarak dekat dari pusat kekuasaan.

”Apa karena Papua itu jauh dari Jakarta, sehingga luput dari perhatian Pemerintah? Berbeda, misalnya, jika gempa bumi mengguncang Jawa, Bali, atau Sumatera, akan banyak yang berbondong-bondong memamerkan perhatian,” imbuhnya.

JAKARTA -- Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Gusti Kanjeng Ratu Hemas menilai reaksi Pemerintah yang sangat lamban menangani gempa bumi 7,1

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News