Pemerintah Disebut Masih Pinggirkan Papua

Pemerintah Disebut Masih Pinggirkan Papua
Pemerintah Disebut Masih Pinggirkan Papua
JAKARTA - Pemerintah dan lembaga TNI/Polri, diminta agar memberikan kesempatan lebih besar kepada putra-putra Papua, untuk duduk dalam jabatan strategis di pusat. Ini terutama karena posisi Papua yang masih 'terpinggirkan'.

Menurut Sudarto, anggota Komisi I DPR RI, sampai saat ini pemerintah dan TNI/Polri khususnya, belum mampu meng-Indonesia-kan Papua. Sebaliknya, masyarakat Papua juga disebut belum merasakan Indonesia sebagai negaranya.

"Ini karena apa? Karena kita tidak memberikan kesempatan kepada putra Papua untuk duduk di birokrasi, maupun TNI/Polri," kritik Sudarto, dalam raker antara Menhan dan Panglima TNI dengan Komisi I DPR RI, Senin (22/2).

Bila pemerintah terus membiarkan masalah itu, lanjut Sudarto, ini akan menjadi bumerang bagi Indonesia sendiri. Sebab bisa jadi katanya, Papua pun akan minta merdeka seperti Timor Leste. Apalagi Papua mendapat dukungan dari konvensi Amerika Serikat dan Uni Eropa. "Berilah mereka kesempatan yang sama seperti putra Jawa, agar mereka bisa merasakan inilah Indonesia," tandas Sudarto pula.

JAKARTA - Pemerintah dan lembaga TNI/Polri, diminta agar memberikan kesempatan lebih besar kepada putra-putra Papua, untuk duduk dalam jabatan strategis

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News