Pemerintah Dorong Pemajuan Kebudayaan Lewat Peluncuran Dana Indonesiana

Pemerintah Dorong Pemajuan Kebudayaan Lewat Peluncuran Dana Indonesiana
Mendikbudristek Nadiem Makarim saat peluncuran dana abadi kebudayaan secara hybrid. Foto tangkapan layar YouTube Kemdikbud RI

jpnn.com, JAKARTA - Dana abadi kebudayaan resmi diluncurkan pemerintah pada hari ini Rabu (23/3).

Ini merupakan program Merdeka Belajar Episode Kedelapan Belas: Merdeka Berbudaya dengan Dana Indonesiana.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mengatakan dengan dana Indonesiana, pemerintah berupaya hadir dan bergerak bersama masyarakat untuk memulihkan kebudayaan dari situasi pandemi.

"Pemerintah ingin mendorong pemajuan kebudayaan dengan dukungan dana abadi yang sifatnya lebih stabil dan berkelanjutan,” ujar Nadiem Makarim saat peluncuran Merdeka Belajar Episode ke-18, Rabu (23/3).

Dalam pemaparannya, Menteri Nadiem menyampaikan kegiatan pemajuan kebudayaan yang sejatinya bersifat dinamis dan lintas tahun, sekarang lebih fleksibel didanai pemerintah, berkat kerja sama Kemendikbudristek dan Kemenkeu.

Menteri Nadiem mengungkapkan melalui dana Indonesiana pemerintah menghadirkan sistem pemanfaatan anggaran negara yang fleksibel.

Hal ini untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan ekspresi budaya yang bersifat eksperimentatif, spontan, dan berjalan lintas tahun.

Dijelaskan Nadiem, ada dua poin kunci yang memungkinkan pemajuan kebudayaaan bisa berlangsung secara stabil dan berkelanjutan melalui dana Indonesiana.

Mendikbudristek Nadiem Makarim meluncurkan Dana Indonesiana sebagai bentuk dukungan pemerintah terhadap pemajuan kebudayaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News