Pemerintah Dorong Peranan Swasta Investasi SDM  

Pemerintah Dorong Peranan Swasta Investasi SDM  
Hanif Dhakiri. Foto: Kemenaker

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan mendorong peran aktif atau partisipasi swasta berinvestasi SDM.

Salah satunya melalui program pemagangan yang serius meningkatkan kompetensi.

Pemagangan adalah peluang bagi angkatan kerja memperoleh keterampilan untuk meningkatkan kompetensi dengan proses belajar langsung terjun ke industri.

Menteri Hanif mengungkapkan, hingga saat ini peranan swasta dalam meningkatkan tenaga kerja baik melalui program pelatihan maupun pemagangan masih sangat kecil.

Hal itu bisa dilihat dari jumlah tenaga profesional di Indonesia hanya 5 persen, masih jauh di bawah Malaysia yang mencapai 20 persen.

“Mayoritas angkatan kerja kita ini low skill dan numpuk di bawah sehingga kita harus lift up mereka. Untuk itulah peran swasta saya dorong betul karena di Eropa, mostly 70 persen investasi SDM itu oleh swasta,” kata Menaker Hanif Dhakiri saat menerima Sumber Daya Rasuli (SUDARA) di ruang kerjanya, Jumat (25/5) 

Menteri Hanif menegaskan pemagangan sebagai bagian dari sistem pelatihan nasional merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional.

Karena dalam proses magang ada keahlian tertentu yang diajarkan pada peserta untuk memperoleh keterampilan, alih teknologi, dan berbagai keterampilan.

Hingga saat ini peranan swasta dalam meningkatkan tenaga kerja baik melalui program pelatihan maupun pemagangan masih sangat kecil.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News