Pemerintah Genjot Infrastruktur, SDM Konstruksi Harus Andal

Pemerintah Genjot Infrastruktur, SDM Konstruksi Harus Andal
Presiden Joko Widodo. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, pembangunan infrastruktur nasional yang sedang digalakkan pemerintah tidak akan terlaksana dengan baik tanpa dukungan sumber daya manusia (SDM) andal di bidang konstruksi.

Jokowi mengatakan hal itu ketika membuka Percepatan Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi Secara Serempak se-Indonesia 2017 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Kamis (19/10).

"Ini artinya pembangunan infrastruktur bukan hanya membutuhkan tenaga-tenaga konstruksi dalam jumlah yang besar. Tapi kita juga perlu tenaga kerja konstruksi yang terlatih, terampil dan bersertifikat," ujar Jokowi.

Lebih lanjut Jokowi merujuk data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tentang rendahnya jumlah tenaga konstruksi bersertifikasi. Dari sekitar 7 juta tenaga kerja konstruksi baik dari pemerintah, BUMN, ataupun swasta, yang sudah tersertifikasi baru 9 persen.

"Dari tujuh juta yang ada, yang bersertifikat baru sembilan persen, baru kira kira 600 ribu. Artinya masih sedikit sekali yang pegang sertifikat," ucap mantan gubernur DKI Jakarta itu.

Karenanya, pemerintah akan terus mendorong sertifikasi tenaga kerja konstruksi. Sebab, hal itu akan meningkatkan kualitas SDM pekerja nasional. Dengam begitu, pihaknya yakin Indonesia bisa mengejar ketertinggalan infrastruktur dan meningkatkan kualitasnya.

"Kalau orang Jepang bisa membangun dengan kualitas yang baik, orang Jerman bisa membangun dengan kualitas yang baik, kenapa kita di Indonesia ndak bisa, bisa kita!" pungkas Jokowi.(fat/jpnn)


Saat ini ada 7 juta tenaga konstruksi di Indonesia. Namun, baru 9 persen atau sekitar 600 ribu yang sudah tersertifikasi.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News