Pemerintah Harus Antisipasi Penyakit Pascabanjir

Pemerintah Harus Antisipasi Penyakit Pascabanjir
Pemerintah Harus Antisipasi Penyakit Pascabanjir
JAKARTA - Wakil Ketua Komisi IX DPR, Irgan Chairil Mahfiz meminta pemerintah Kementerian Kesehatan dan  dan Dinas Kesehatan untuk mengantisipasi penyakit pascabanjir. Menurut Irgan, seharusnya pemerintah tidak hanya fokus pada penanganan banjirnya saja, tapi dampak dari banjir yakni kesehatan masyarakat.

Irgan yang memimpin Komisi Kesehatan di DPR itu menambahkan, penyakit pascabanjir yang muncul biasanya  diare, demam, sesak napas, insfeksi saluran penapasan atas (ISPA), gatal-gatal pada anak-anak, hingga leptospirosis akibat kencing tikus.

"Saya melihat sampai saat ini dalam penanganan banjir di berbagai daerah termasuk di DKI Jakarta dan sekitarnya, masih fokus pada penanganan banjirnya saja. Untuk DKI Jakarta, saya menghimbau agar gubernur DKI Jakarta Joko Widodo juga harus memperhatikan kesehatan masyarakat atas dampak banjir," kata Irgan di Jakarta, Minggu (25/11).

Mantan Sekjen Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu memerkirakan banjir masih akan terjadi di sejumlah wilayah sebagai akibat tingginya intensitas hugan. Untuk itu Irgan meminta seluruh Puskesmas, RSUD, Dinas Kesehatan dan Kementerian Kesehatan menyediakan posko-posko kesehatan di kantong-kantong banjir.

 

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi IX DPR, Irgan Chairil Mahfiz meminta pemerintah Kementerian Kesehatan dan  dan Dinas Kesehatan untuk mengantisipasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News