Pemerintah Harus Lebih Selektif Dalam Naturalisasi Pemain Asing

Pemerintah Harus Lebih Selektif Dalam Naturalisasi Pemain Asing
Cristian Gonzales dkk saat latihan. Foto: Guest Gesang/Malang Post/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat sepak bola M Kusnaeni memberikan masukan untuk pemerintah agar lebih selektif lagi dalam melakukan naturalisasi pemain asing di sepak bola.

Pasalnya, bergabungnya pemain-pemain asing ini tak memberikan dampak signifikan untuk prestasi sepak bola Indonesia. 

Tak usah jauh-jauh, di level Piala AFF saja, Indonesia belum pernah menjadi juara, padahal gelombang naturalisasi sudah dilakukan sejak 2008 lalu, di era Nurdin Halid. 

"Seharusnya naturalisasi dilakukan secara selektif. Meskipun persyaratan formal terpenuhi, tapi juga perlu dikaji adakah manfaatnya untuk peningkatan prestasi olahraga Indonesia," ungkap Kusnaeni.

Menurut pria yang karib disapa Bung Kus itu, pemerintah perlu lebih matang lagi dalam menimbang untuk memberikan persyaratan legal formal agar pemain menjadi WNI.

"Pemerintah perlu lebih selektif lagi dalam merekomendasikan naturalisasi," tandasnya. 

Sejauh ini, memang cukup banyak pemain naturalisasi yang ada di Indonesia. Sebagian dari mereka masih manfaat, sebagian lagi hanya sekadar jadi pelengkap.

Untuk nama paling senior dan fenomenal karena nyaris membawa Indonesia juara Piala AFF 2010 silam, adalah Cristian Gonzales.

Pengamat sepak bola M Kusnaeni memberikan masukan untuk pemerintah agar lebih selektif lagi dalam melakukan naturalisasi pemain asing di sepak bola.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News