Pemerintah Harus Tingkatkan Jaringan Internet di Masa Pilkada Serentak 2020

Pemerintah Harus Tingkatkan Jaringan Internet di Masa Pilkada Serentak 2020
Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin. Foto: JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin meminta pemerintah dapat segera meningkatkan dan menyiapkan sarana serta prasarana jaringan internet di seluruh wilayah di Indonesia guna menunjang pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 di masa pandemi Covid-19.

Sebab, Pilkada Serentak 2020 ini  mengutamakan kampanye dengan cara dalam jaringan (daring) untuk mencegah penyebaran Covid-19 atau klaster corona dalam Pilkada Serentak 2020.

Menurut Azis, aturan kampanye lebih memaksimalkan digitalisasi yaitu kampanye secara virtual, yang tentunya membutuhkan jaringan internet yang cukup menjangkau ke berbagai wilayah di pelosok tanah air.

Politikus Partai Golkar itu mendorong pemerintah meminta provider komunikasi membantu dalam mewujudkan peningkatan jaringan internet.

"Jangan sampai kampanye virtual diutamakan tetapi supporting system-nya tidak menunjang," kata Azis di Jakarta (25/9).

Azis menilai perluasan jaringan internet sekaligus dapat membantu sistem belajar online secara virtual yang dilakukan oleh para siswa siswi di masa pandemi Covid-19 saat ini.

"Saat ini masih banyak daerah yang belum mengenal atau memiliki jaringan internet di wilayahnya. Tentunya saya mengharapkan agar masyarakat dapat merasakan kehadiran negara di masa pandemi Covid-19 saat ini," ujarnya.

Azis mengatakan akses internet sebagai bagian dari tuntutan zaman khususnya di masa pandemi Covid-19 saat ini sehingga menjadi kebutuhan hak asasi manusia. Azis menegaskan saat ini internet masih belum di jangkau di berbagai wilayah, sedangkan pemerintah mendorong kegiatan daring secara nyaris total.

Selain untuk kampanye virtual Pilkada Serentak 2020, peningkatan internet juga merupakan bagian dari kehadiran negara memenuhi kebutuhan masyarakat dalam belajar online

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News