Pemerintah Izinkan Mudik Lebaran Tahun Ini, Ganjar Beri Peringatan Begini

Pemerintah Izinkan Mudik Lebaran Tahun Ini, Ganjar Beri Peringatan Begini
Gubernur Ganjar Pranowo di kantornya. Foto: Instagram Ganjar

jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo turut merespons pernyataan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang menyatakan pemerintah tidak melarang mudik lebaran tahun 2021.

Ganjar mengingatkan bahwa pelaksanaan mudik tahun ini harus benar-benar terbatas dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Semua harus diperhatikan nanti. Pertama sistem transportasi mesti ditata, kedua tentu terkait persyaratan-persyaratan prosedur protokol kesehatan benar-benar ketat," kata Ganjar ditemui di rumahnya, Rabu (17/3).

Ganjar minta warga yang mudik via angkutan umum wajib menjalani tes antigen terlebih dahulu. Selain itu, penumpang kereta api dan pesawat menggunakan GeNose C-19 seperti yang diwajibkan Kemenhub.

"Kalau tidak melakukan itu, menurut saya tidak boleh sehingga kita betul-betul harus menyiapkan itu dengan baik," tegasnya.

Menurut Ganjar, meski diizinkan tetapi pelaksanaan mudik tahun ini tidak boleh disamakan seperti sebelum pandemi. 

"Kalau itu mau dilakukan, masih ada waktu untuk menyiapkan, sehingga sarana prasarana transportasi umum menyiapkan awak lebih banyak. Mereka yang akan mudik mesti dilakukan testing sejak awal," imbuhnya.

Tak hanya itu, Ganjar juga meminta pemerintah daerah menjaga seluruh pintu-pintu masuk untuk mengantisipasi pemudik dengan kendaraan pribadi.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan pemerintah tidak melarang mudik lebaran tahun 2021 dan begini reaksi Gubernur Ganjar Pranowo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News