Pemerintah Keluarkan Paket Ekonomi Baru

Pemerintah Keluarkan Paket Ekonomi Baru
Pemerintah Keluarkan Paket Ekonomi Baru

jpnn.com - JAKARTA - Tahun ini, pemerintah kembali mengeluarkan paket kebijakan ekonomi baru di tahun 2008. Paket tertuang dalam Inpres No5/2008 tentang fokus program ekonomi tahun 2008-2009 mengenai kebijakan percepatan pengembangan sektor riil dan pemberdayaan usaha mikro dan kecil menengah (UMKM).

Inpres tersebut terdiri atas perbaikan iklim investasi, kebijakan makro dan keuangan, kebijakan sumber daya alam lingkungan dan pertanian, pemberdayaan mikro kecil dan menengah, kebijakan pelaksanaan komitmen Masyarakat Ekonomi Asia, kebijakan percepatan infrastruktur dan kebijakan menyangkut ketenagakerjaan.

Dalam sektor infrastruktur, pemerintah tahun ini melanjutkan kebijakan paket sebelumnya Inpres No6/2007 mengenai kelancaran arus barang dan kepabeanan. Pemerintah juga memfokuskan penataan pelabuhan yang terbuka untuk ekspor impor serta memperbaiki akses jalan dari kawasan industri ke pelabuhan berupa peningkatan jalan Bekasi-Cikarang, Lemahabang-Mekamukti, Jalan Cakung Cilincing, pembangunan fly over Cikarang, dan penambahan jalur tol Cikarang-Cikarang Timur. Ditargetkan seluruh pembangunan ini selesai Juni 2009.

Anggota Komisi Keuangan dan Perbankan Dradjad Hari Wibowo mengatakan pemerintah hanya mengeluarkan paket kebijakan ekonomi yang implementasinya belum berjalan.

''Pemerintah bikin paket boleh lah, tapi kalau pemerintah harus ada implementasinya. Paket yang 2007 aja belum jalan, yang soal revitalisasi industri dan pertanian. Istilahnya paket ompong,'' katanya. (sof/jpnn)

Berita Selanjutnya:
Empat Kontrak CBM Siap Teken

JAKARTA - Tahun ini, pemerintah kembali mengeluarkan paket kebijakan ekonomi baru di tahun 2008. Paket tertuang dalam Inpres No5/2008 tentang fokus


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News