Pemerintah Kesulitan Ubah Mental Birokrasi

Pemerintah Kesulitan Ubah Mental Birokrasi
Pemerintah Kesulitan Ubah Mental Birokrasi
JAKARTA - Deputi bidang Program dan Reformasi Birokrasi pada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan&RB), Mohamad Ismail, mengaku sulit menciptakan SDM birokrasi yang profesional. Menurutnya, butuh waktu panjang untuk mengubah pola pikir ataupun budaya birokrasi.

"Budaya aparat menjadi abdi negara sudah mendarah daging, sehingga sulit mengubah karakter SDM yang berfungsi sebagai abdi masyarakat. Prosesnya tak hanya satu dua tahun saja, tapi bisa puluhan tahun," kata Ismail, Senin (25/4).

Meski sulit, namun Ismail menegaskan bahwa mau tak mau penciptaan SDM profesional yang bersih dan mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat harus dilakukan. Sebab, pelaksanaan agenda reformasi di bidang hukum, peradilan dan birokrasi semakin mendapat perhatian pemerintah agar lebih ditingkatkan lagi. "Dan untuk mendapatkan SDM birokrasi yang profesional, perlu sistem manajemen berbasis kompetensi," ujarnya.

Hal tersebut di antaranya dilakukan dengan pembenahan serta penyesuaian antara kebutuhan jabatan dengan kualifikasi yang dimiliki. Selain itu, juga perlu adanya pembinaan dan pengembangan karir jabatan yang didasarkan pada standar kompetensi jabatan.

JAKARTA - Deputi bidang Program dan Reformasi Birokrasi pada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan&RB),

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News