Pemerintah Klaim Vaksin Covid-19 Minim Efek Samping

Pemerintah Klaim Vaksin Covid-19 Minim Efek Samping
Warga mendapatkan suntikan vaksinasi Covid-19. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Satgas Penanganan Covid-19 mengeklaim seluruh jenis vaksin Corona yang digunakan dalam program vaksinasi nasional dipastikan aman, berkhasiat, dan minim efek samping.

Namun, dalam penggunaannya memang ditemukan berbagai laporan efek samping. Meski begitu, pemerintah meminta masyarakat tidak khawatir.

"Jika setelah vaksinasi ditemukan efek samping, pemerintah meminta masyarakat melaporkan temuan tersebut ke fasilitas kesehatan terdekat untuk segera memperoleh penanganan," Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam keterangan pers di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (22/4).

Wiku meminta petugas di fasilitas kesehatan siap siaga dalam menerima potensi keluhan kesehatan yang dialami masyarakat setelah menerima vaksin.

Di samping itu, Wiku mengatakan, jumlah vaksin yang terbatas membuat pemerintah harus mengatur laju vaksinasi Covid-19. Meski demikian, Wiku meminta masyarakat tidak khawatir karena akan ada tambahan sekitar 20 juta dosis vaksin Covid-19 hasil produksi PT Bio Farma.

Dia mengharapkan program vaksinasi pada April dan Mei 2021 dapat terus berjalan.

"Selanjutnya PT Bio Farma juga akan terus meningkatkan kapasitas vaksin Covid-19 sehingga dapat mencukupi kebutuhan program vaksinasi," tambah Wiku. (tan/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

Satgas Penanganan Covid-19 mengeklaim seluruh jenis vaksin Corona yang digunakan dalam program vaksinasi nasional minim efek samping.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News