Pemerintah Menggalakkan Kampanye Cuci Tangan Pakai Sabun

Pemerintah Menggalakkan Kampanye Cuci Tangan Pakai Sabun
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah, sektor swasta dan masyarakat sipil bersama-sama membentuk Kemitraan Swasta-Publik untuk Cuci Tangan Pakai Sabun (KSP-CTPS).

Tujuannya ialah mempromosikan advokasi dan inisiatif berkelanjutan dalam meningkatkan praktik Cuci Tangan Pakai Sabun di Indonesia.

Pada Hari Cuci Tangan Sedunia pada 15 Oktober 2020, KSP-CTPS mengajak semua pemangku kepentingan untuk bergabung untuk menjadikan kebersihan tangan dapat dilakukan semua orang.

Selain itu, juga bekerja secara kolaboratif dengan semua pemangku kepentingan untuk perilaku CTPS serta memastikan bahwa promosi dan ketersediaan sarana cuci tangan terawat dan berkelanjutan dan menyampaikan pengetahuan tentang cuci tangan dengan benar.

Berbagai kegiatan promosi kesehatan, khususnya perubahan perilaku bersih dan sehat, termasuk CTPS telah direncanakan dan dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan.

Dalam acara itu, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto meminta semua kementerian/lembaga dan pemangu kepentingan untuk mendorong pentingnya praktik cuci tangan pakai sabun demi mencegah penyebaran Covid-19 dan penyakit menular lainnya.

Dirinya juga meminta semua mitra untuk menyediakan fasilitas cuci tangan dengan menggunakan air dan sabun di tempat kerja masing-masing.

“Kementerian Kesehatan juga akan berkolaborasi dengan sektor swasta dan organisasi masyarakat sipil untuk meningkatkan akses ke fasilitas cuci tangan dengan sabun,” kata Terawan dalam webinar bertajuk Kampanye Nasional & Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia di Hotel Aston Sentul, Bogor, Jawa Barat, Kamis (15/10).

Pemerintah, sektor swasta dan masyarakat sipil bersama-sama membentuk Kemitraan Swasta-Publik untuk Cuci Tangan Pakai Sabun (KSP-CTPS).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News