Pemerintah Pastikan Pemondokan Haji RI dekat Masjid Nabawi

Menko PMK Tegaskan Komitmen Presiden Jokowi Layani Umat Islam

Pemerintah Pastikan Pemondokan Haji RI dekat Masjid Nabawi
Menko PMK Puan Maharani (Tengah) bersama Menkes Nila F Moeloek (kanan) dan Dubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel saat meninjau calon lokasi pemondokan haji di Madinah, Sabtu (21/4). Foto: Kemenko PMK for JPNN

jpnn.com, MADINAH - Pemerintah terus berupaya meningkatkan kualitas layanan bagi jemaah haji Indonesia di Tanah Suci. Salah satunya adalah menempatkan para jemaah haji asal tanah air di area markaziah atau pemondokan yang berdekatan dengan Masjid Nabawi di Madinah.

Dalam rangka memastikan itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani meninjau langsung fasilitas pemondokan jemaah haji Indonesia di Madinah, Sabtu (21/4). Salah satu yang ditinjau Puan adalah hotel Taiba Arac Suites.

Cucu Proklamator RI Bung Karno itu disambut langsung oleh pemilik Taiba Arac Suites, Ali Gaballah yang didampingi Mahmoud Khalil selaku general manager di hotel berkapasitas 3.300 jemaah haji itu. Puan yang didampingi Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek menilai pemondokan yang sangat dekat dengan Masjid Nabawi itu representatif bagi jemaah haji Indonesia.

"Pemerintah terus melayani umat, calon jemaah haji Indonesia dengan sebaik-baiknya. Saya melihat langsung pemondokan yang disiapkan di Madinah, fasilitasnya sangat bagus dan persis di depan Masjid Nabawi" ujar Puan.

Pemerintah Pastikan Pemondokan Haji RI dekat Masjid Nabawi
Menko PMK Puan Maharani dan Menkes Nila F Moeloek di depan hotel Taiba Arac Suites yang akan menjadi lokasi pemondokan haji bagi jemaah asal Indonesia.

Lebih lanjut Puan mengatakan, seluruh jemaah haji Indonesia pada 2018 ini akan menempati pemondokan di hotel-hotel yang berdekatan dengan Masjid Nabawi. "Ini bentuk kepedulian pemerintahan Presiden Joko Widodo menyediakan fasilitas pemondokan dekat dengan Masjid Nabawi agar jemaah haji bisa lebih khusyuk beribadah," tegasnya.

Saat ini, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) sedang dalam proses negosiasi dengan 32 hotel di sekitar Masjid Nabawi untuk pelayanan haji tahun 2018. Seiring terbentuknya Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), pemerintah memiliki rencana besar pada masa yang akan datang agar pelayanan haji Indonesia bisa terpusat pada satu area.

Selain mengunjungi hotel yang akan menjadi lokasi pemondokan, Puan dan rombongan juga meninjau Kantor Kesehatan Haji Indonesia. Tujuannya memastikan sarana dan prasarana kesehatan jemaah haji Indonesia memadai.

Menko PMK Puan Maharani meninjau langsung pemondokan jemaah haji Indonesia di Madinah guna memastikan fasilitasnya memadai dan berdekatan dengan Masjid Nabawi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News