JPNN.com

Pemerintah Pilih Gerak Cepat Renovasi Enam Venue Piala Dunia U-20 2021

Rabu, 01 Juli 2020 – 22:26 WIB
Pemerintah Pilih Gerak Cepat Renovasi Enam Venue Piala Dunia U-20 2021 - JPNN.com
Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Salah satu venue yang pasti jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2020. Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah telah menetapkan enam venue Piala Dunia U-20 2021. Enam stadion tersebut ialah Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)-Jakarta, Gelora Sriwijaya-Palembang, Manahan-Solo, Si Jalak Harupat-Bandung, Gelora Bung Tomo- Surabaya, dan Kapten I Wayan Dipta-Gianyar.

Pemerintah juga langsung gerak cepat akan mulai melakukan tahap persiapan renovasi untuk jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

"Tentang venue, tempat pertandingan, tadi dituturkan jika menunggu keputusan FIFA maka akan lama. Dari enam sebelumnya, empat stadion sudah pasti yaitu SUGBK, I Wayan Dipta, Gelora Bung Tomo, dan Manahan, itu yang tak berubah. Tinggal yang dua, Gelora Sriwijaya dan Si Jalak Harupat, ini sambil dikerjakan. Jadi, andai FIFA memutuskan lain baru akan disesuaikan," kata Menpora, dalam jumpa pers di kantornya, Rabu (1/7).

Untuk menyiapkan stadion-stadion tersebut agar sesuai keinginan FIFA, maka renovasi dalam jangka waktu yang lama perlu dilakukan.

Sementara, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) tak bisa sekenanya melakukan renovasi dan mengerjakan dalam waktu singkat, butuh proses baik dari sisi pengerjaannya maupun administrasi.

"Tender saja paling tidak butuh dua bulan, apalagi administrasi. Maka tadi diputuskan, sambil menunggu FIFA, keputusan soal venue ini penting untuk segera diambil agar KemenPUPR menyiapkan persiapan administrasi maupun pengerjaan secara fisiknya," terang politikus asal Partai Golkar itu.

Meskipun sudah diputuskan dari sisi pemerintah Indonesia, Menpora mendesak PSSI untuk terus berkomunikasi yang intens dengan FIFA agar bisa segera menetapkan stadion-stadion yang sudah siap dilakukan proses renovasi tersebut menjadi venue tetap.

BACA JUGA: I Made Yasa Perkosa Menantu yang Dihamili Anak Kandung, Parah!

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
budi