Pemerintah Rilis Lima Program Prioritas 2011

Pemerintah Rilis Lima Program Prioritas 2011
Pemerintah Rilis Lima Program Prioritas 2011
JAKARTA - Pemerintah merilis lima program prioritas di Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) pada 2011. Lima hal yang menjadi prioritas itu antara lain pendidikan, kesehatan, penanggulangn kemiskinan, lingkungan hidup, dan pengelolaan bencana, kebudayaan, kreativitas, dan inovasi teknologi.

Acara pemaparan program prioritas Kesra 2011 di gedung Menko Kesra Jakarta, Selasa (4/11) kemarin dihadiri 10 Menteri. Antara lain, yaitu Menpora Andi Malaranggeng, Menbudpar Jero Wacik, Menko Kesra Agung Laksono, Menteri Agama Suryadharma Ali, Menteri Perumahan Soeharso Monoarfa, Menteri Sosial Salim Segaf Aljufri, Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih, Mendiknas M Nuh, Menteri Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak Linda Amalia Sari, Kepala BKKBN Sugiri Syarief, Kepala BNPB Syamsul Muarif, dan Kepala BPOM Kustantianah. Dalam acara tersebut, mereka memaparkan hal-hal yang menjadi prioritas kinerja pada 2011.

"Fokus utama program kementerian tetap untuk meningkatkan kualitas dan kesejahteraan rakyat Indonesia. Tentunya besar harapan agar semua program ini dapat terlaksana dengan baik tanpa kecuali," ujar Agung Laksono ketika membuka acara tersebut.

Agung mengatakan, program penanggulangan kemiskinan dibagi menjadi tiga bagian. Yakni, program raskin, jamkesmas dan program keluarga harapan, PNPM Mandiri, serta penyaluran kredit usaha rakyat (KUR). Program Pendanaan PNPM Mandiri memprioritaskan tiga program, yaitu program phasing out PNPM Mandiri, termasuk penambahan anggaran PNPM Mandiri bagi wilayah bencana. Pemerintah, kata Agung, juga mengurangi pendanaan PNPM dari pinjaman luar negeri dan meningkatkan pendanaan dari rupiah murni (switching). "Pemerintah berusaha melaksanakan PNPM Mandiri dan tidak terlalu tergantung dengan aturan main donor," kata dia.

JAKARTA - Pemerintah merilis lima program prioritas di Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) pada 2011. Lima hal yang menjadi prioritas itu antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News