Pemerintah Segera Bangun Dua Kampus Baru di Papua

Pemerintah Segera Bangun Dua Kampus Baru di Papua
Pejabat terkait dan tokoh akademisi Papua saat menggelar Webinar Transformasi Pendidikan Tinggi untuk Wilayah 3T dengan tema 'Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh'. foto: dok pri untuk jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah memastikan segera membangun dan mengoperasikan dua kampus bertaraf nasional yang baru di Papua.

Kedua kampus tersebut adalah Kampus II UNCEN Fakultas Kelautan dan Perikanan di Kabupaten Kepulauan Yapen dan Kampus Universitas Okmin di Kabupaten Oxibil.

Pembangunan kedua kampus ini adalah komitmen pemerintah dalam meningkatkan taraf pendidikan dan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) di Papua dan Papua Barat.

“Seperti diketahui, pidato Presiden RI pada upacara peringatan 17 Agustus 2021 kemarin, beliau menekankan 2 hal, yakni komitmen untuk membangun Tanah Papua melalui peningkatan Dana Otsus menjadi 2.25 persen dan perbaikan tata kelola Otsus, serta fokus untuk memperbaiki kualitas SDM, untuk mendorong percepatan pembangunan tersebut. Ini termasuk di Papua, bahwa fokus utama adalah di pengembangan SDM Orang Asli Papua (OAP), termasuk melalui pendidikan tinggi ini” ujar Staf Khusus Presiden Jokowi asal Papua, Billy Mambrasar, Rabu (18/8/21).

Billy menambahkan, walaupun sudah banyak perguruan tinggi swasta serta tiga kampus negeri di Papua dan Papua Barat, akan tetapi masih dibutuhkan lebih banyak lagi untuk melakukan akselerasi pendidikan tinggi di Tanah Papua.

“Pak Jokowi sangat menekankan bahwa pembangunan di Papua harus didorong oleh Orang Asli Papua, dan menyediakan akses pendidikan seluasnya untuk mereka harus dilakukan, untuk menyiapkan SDM yang akan mempercepat proses pembangunan tersebut, ini beliau sampaikan langsung pada Rapim yang dihadiri oleh berbagai Kementerian dan Lembaga pada tanggal 22 Juli tahun 2021 yang lalu,” tambah Billy.

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa animo pemuda dan pemudi Papua untuk menempuh pendidikan tinggi tidak surut, baik dari Beasiswa Otsus melalui BPSDM di dalam atau luar negeri, Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADIK), termasuk tingginya semangat untuk belajar di kampus-kampus lokal di Papua dan Papua Barat.

“Saya berada di Serui saat dilakukannya tes masuk calon mahasiswa Baru, dan Jumlah Pendaftar Kampus II UNCEN di Kabupaten Kepulauan Yapen tersebut membludak melebihi kuota ketersediaan kursi sehingga Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Yapen, Provinsi Papua kebingungan menetapkan jumlah yang akan diterima masuk sebagai mahasiswa,” tuturnya.

Pemerintah memastikan segera membangun dan mengoperasikan dua kampus bertaraf nasional yang baru di Papua.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News