Pemerintah Segera Tambah Jumlah PTK Negeri

Pemerintah Segera Tambah Jumlah PTK Negeri
Kementerian Pariwisata. Foto : kemenpar.go.id

jpnn.com - JAKARTA--Pemerintah akan menambah perguruan tinggi kepariwisataan di dua daerah, yaitu Palembang dan Lombok. Dengan demikian akan ada enam perguruan tinggi kepariwisataan (PTK) yang dibangun pemerintah.

"Rencananya, tahun depan kami bangun dua PTK. Selain itu Akademi Pariwisata Medan akan menjadi Politeknik Pariwisata Negeri Medan," ungkap ‎Muhammad Ahman Sya, deputi bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) kepada pers di Jakarta, Kamis (17/12).

Kemenpar, lanjutnya, telah melakukan berbagai upaya dalam pembangunan SDM lewat pendidikan formal. Hingga saat ini Kemenpar telah menyediakan empat lembaga pendidikan tinggi kepariwisataan, yaitu Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung, STP Nusa Dua Bali, Politeknik Pariwisata Negeri Makassar, dan Akademi Pariwisata Medan.

Selain itu, Kemenpar juga mengadakan program kerja sama dengan sekitar 105 perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang telah berkomitmen mendukung dan turut aktif dalam pembangunan pariwisata nasional.

''Mereka sepakat menerapkan kurikulum berbasis kompetensi dan mendirikan lembaga sertifikasi di tempatnya masing-masing. Mereka juga siap mensertifikasi lulusannya yang berstandar ASEAN. Itu ada 100 ribu ulusan. Jadi, kalau 50 persen saja yang tersertifikasi, maka akan sangat besar kontribusinya terhadap pembangunan pariwisata di Indonesia," jelasnya. (esy/jpnn)


JAKARTA--Pemerintah akan menambah perguruan tinggi kepariwisataan di dua daerah, yaitu Palembang dan Lombok. Dengan demikian akan ada enam perguruan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News