Pemerintah Siap Hadapi Arus Mudik Lebaran

Pemerintah Siap Hadapi Arus Mudik Lebaran
Pemerintah Siap Hadapi Arus Mudik Lebaran
JAKARTA - Pemerintah berupaya meminimalisir terjadinya kecelakaan kendaraan roda dan mengurangi beban jalan raya dalam arus mudik tahun ini. Sebagai solusi, pemerintah menyiapkan kapal TNI AL untuk mengangkut pemudik kendaraan roda dua dari Jakarta ke Semarang sebelum kemudian melanjutkan perjalanan lewat darat.

"Ini menjadi kesempatan untuk mengurangi kecelakaan, karena angka kecelakaan paling besar adalah kendaraan roda dua," ujar Kapolri Jenderal Timur Pradopo usai sidang kabinet paripurna di Kantor Presiden, kemarin (22/8). Fasilitas tersebut diberikan secara cuma-cuma alias gratis.

Menhub Freddy Numberi mengatakan, kapal tersebut bisa mengangkut hingga 5 ribu pemudik. Selain itu juga disediakan fasilitas untuk makan dan buka puasa. "(Angkutan kapal) ini bisa memperpendek jarak sehingga diharapkan tidak ada kecelakaan. Itu imbauan kita," tuturnya.

Pemudik yang menggunakan sepeda motor diperkirakan meningkat 7,42 persen, yakni dari 2,3 juta menjadi 2,47 juta. Sementara jumlah pemudik dengan mobil pribadi akan meningkat 6,08 persen, dari 1,54 juta menjadi 1,63 juta. "Jadi diperkirakan memang akan semakin pada jalan-jalan," kata Menko Perekonomian Hatta Rajasa.

JAKARTA - Pemerintah berupaya meminimalisir terjadinya kecelakaan kendaraan roda dan mengurangi beban jalan raya dalam arus mudik tahun ini. Sebagai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News