Pemerintah Siapkan Skema Subsidi Bunga Pinjaman Mahasiswa

Pemerintah Siapkan Skema Subsidi Bunga Pinjaman Mahasiswa
650 mahasiswa ISTN yang diwisuda. Foto: Istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) akan menyiapkan skema subsidi bunga untuk program student loan atau pinjaman mahasiswa.

Dengan subsidi bunga, diharapkan mahasiswa akan lebih mudah mengembalikan dana kredit untuk studinya ke perbankan.

"Sampai sekarang ini tidak ada jaminan pemerintah untuk student loan. Sedang kami pikirkan untuk pemberian subsidi bunga, kayak kredit untuk pengusaha kecil," kata Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti Ainun Na'im, Sabtu (24/3).

Dia menjelaskan, kalau berdasarkan undang-undangnya, studen loan itu tanpa bunga. Namun, itu untuk anak dari keluarga miskin atau tidak mampu.

Mereka diberikan beasiswa dan atau pinjaman tanpa bunga. "Nah sekarang beasiswanya sudah, untuk pinjaman belum. Karena sudah diberi beasiswa, mahasiswa kan pilih beasiswa daripada meminjam," ujarnya.

Bagi mahasiswa yang ekonominya sedang, bisa pinjam. Namun menurut Ainun akan diperluas karena perbankan ternyata tertarik dengan program student loan.

Itu sebabnya semuanya akan diperbaiki. Dari sisi perguruan tingginya, proses pembelajaran, dan kurikulum sehingga lulusan memiliki kompetensi untuk bekerja.

"Student loan ini sangat membantu bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan studinya hingga lulus. Karena mereka bisa membayar pinjamannya setelah bekerja," ucapnya.

Kemenristekdikti tengah menyiapkan skema subsidi bunga untuk program student loan atau pinjaman mahasiswa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News