Pemerintah Tak Serius Urus Pertumbuhan Penduduk

Pemerintah Tak Serius Urus Pertumbuhan Penduduk
Pemerintah Tak Serius Urus Pertumbuhan Penduduk
JAKARTA -- Indonesia menempati posisi sebagai negara dengan penduduk terbesar keempat di dunia setelah China, India dan  Amerika Serikat. "Kontribusi pertumbuhan penduduk Indonesia pertahun mencapai empat juta jiwa," kata Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia, Priyo Budi Santoso, Senin (22/8) di Jakarta.

Disebutkan, sekarang ini Indonesia juga menjadi penyumbang terbesar kelima pertambahan penduduk dunia dengan laju pertumbuhan penduduk (LPP) mencapai 1,49% per tahun atau bertambah sekitar 4 juta orang setiap tahun.

Berurutan pertambahan penduduk terbesar pertama adalah India diikuti China,Nigeria,Pakistan, kemudian Indonesia. "Mengapa India lebih besar dari China, karena di China penataan keluarganya sangat bagus," jelas dia.

Politisi Partai Golongan Karya (Golkar) itu mengatakan, jika dibandingkan dengan zaman dahulu, atau sebelum reformasi maka masalah pertumbuhan penduduk itu benar-benar diperhatikan. "Di zaman dulu, masalah penduduk ini sangat diperhatikan. Zaman dahulu bisa ditekan sampai 100 juta jiwa," kata dia. Membludaknya pertumbuhan penduduk di zaman Orde Baru menurut dia, masih bisa dihindarkan.

JAKARTA -- Indonesia menempati posisi sebagai negara dengan penduduk terbesar keempat di dunia setelah China, India dan  Amerika Serikat. "Kontribusi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News