Pemerintah Targetkan Perluasan Bandara Trunojoyo Tuntas 2019

Pemerintah Targetkan Perluasan Bandara Trunojoyo Tuntas 2019
Pak Jokowi. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, SUMENEP - Presiden Joko Widodo meminta jajarannya fokus menyelesaikan konektivitas dengan percepatan pembangunan infrastruktur, mulai dari jalan, jembatan, pelabuhan, sampai dengan bandara.

Hal ini kembali ditegaskan Jokowi -sapaan presiden- terkait pengembangan Bandar Udara Trunojoyo, Kabupaten Sumenep, Minggu (8/10).

“Konektivitas transportasi harus selalu dikembangkan,” katanya di ruang tunggu Bandara Trunojoyo.

Mantan gubernur DKI itu mengapresiasi Kementerian Perhubungan yang telah memperpanjang landasan Bandara Trunojoyo dari 1.100 meter menjadi 1.600 meter sehingga pesawat komersial kelas ATR sudah dapat mendarat sejak minggu lalu.

Namun dia memerintahkan Menteri Perhubungan agar Bandara Trunojoyo dapat digunakan oleh pesawat yang lebih besar lagi. Mengingat Pulau Madura dengan penduduk 4 juta jiwa memiliki potensi ekonomi dan mobilitas tinggi bepergian ke berbagai destinasi.

“Harus diperpanjang lagi agar dapat digunakan pesawat yang lebih besar,” pintanya

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa diperlukan perpanjangan landasan dari saat ini 1.600 meter dan lebar 30 meter menjadi 2.250 meter dan lebar 45 meter agar dapat digunakan oleh pesawat jet.

Untuk menampung calon penumpang maupun penumpang yang datang diperlukan pengembangan luas terminal.

Landasan Bandara Trunojoyo sudah diperpanjang dari 1.100 meter menjadi 1.600 meter sehingga pesawat komersial kelas ATR sudah dapat mendarat sejak minggu lalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News