Ditanya soal DOB, Begini Penjelasan Jokowi

Ditanya soal DOB, Begini Penjelasan Jokowi
Presiden Jokowi keluar dari ruang VVIP Bandara Juwata Tarakan, tadi malam. Foto: AHMAD SYARIF/RADAR TARAKAN/JPNN.com

jpnn.com, KALTARA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan hingga saat ini moratorium Daerah Otonomi Baru (DOB) masih berlaku.

Itu disampaikan Presiden menjawab wartawan yang menanyakan tentang usulan DOB sejumlah daerah di Kaltara, saat kunjungan kerja ke daerah itu pada Jumat (6/10).

“Sampai saat ini masih moratorium, tetapi usulan-usulan dari daerah semuanya ditampung. Sudah kita petakan untuk ditampung terlebih dahulu karena menyangkut APBN," ujar Jokowi.

Pemerintah harus betul-betul menghitung kemampuang keuangan negara sebelum mencabut status moratorium pemekaran. Sebab, ketika ada DOB, otomatis perlu dukungan anggaran.

"Kan mau tidak mau kalau ada daerah otonomi baru mesti suplai anggarannya dari pusat,” terang mantan wali kota Surakarta.

Apalagi dalam pengajuan usulan DOB, selain Kaltara yang mengusulkan pemekaran 3 kabupaten dan 2 kota, ada banyak daerah lain yang juga memasukkan aspirasinya ke pemerintah pusat.

“Total seingat saya ada hampir 276 (usulan), banyak sekali. Jadi sekali satu diberi, yang lain pasti ngejar-ngejar. Ini masih semuanya ditampung, dihitung, kemungkinan dari APBN, kemungkinan daerah itu bisa membiayai sendiri,” tambahnya.(fat/jpnn)


Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan hingga saat ini moratorium Daerah Otonomi Baru (DOB) masih berlaku.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News