Pemerintah Tidak Konsisten, PPKM Mikro Cuma Bikin Rakyat Bingung

Pemerintah Tidak Konsisten, PPKM Mikro Cuma Bikin Rakyat Bingung
Suasana mal di Jakarta saat penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro yang ditetapkan pemerintah dinilai amburadul. Pasalnya, pembatasan yang berlaku di tingkat RT/RW itu membuat masyarakat jadi kebingungan.

Pengamat kebijakan publik, Trubus Rahardiansyah menilai PPKM Mikro membingungkan dan kontraproduktif dengan kebijakan sebelumnya.

Trubus juga pesimistis kebijakan itu bisa berjalan efektif lantaran hanya berlaku di sebagian wilayah saja.

Selanjutnya Trubus menyebutkan PPKM Mikro tidak ada bedanya dengan PSBB yang diterapkan oleh pemerintah beberapa waktu yang lalu.

"Dulu PSBB sudah sampai RT/RW. Sekarang dengan PPKM mikro ini malah masyarakat ini jadi bingung lagi. Mau seperti bagaimana lagi? Dulu RT/RW saja tidak jalan sekarang mau RT/RW lagi," ucap Trubus, Rabu (10/2).

Trubus menyebutkan pemerintah harus memperhatikan beberapa hal saat penerapan PPKM Mikro. Pertama, tingkat partisipasi masyarakat terhadap kebijakan PPKM Mikro.

Kedua, tidak semua wilayah bisa diberlakukan PPKM Mikro lantaran tidak semua wilayah berstatus zona merah Covid 19.

Selanjutnya, pemerintah juga harus memastikan tersedianya infrastuktur dan anggaran untuk penerapan kebijakan tersebut.

Kebijakan PPKM Mikro yang diterapkan di RT/RW masih membingungkan masyarakat. Pengamat menilai, pemerintah inkonsisten dalam membuat kebijakan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News