Pemerintah Yakini Festival Boalemo dan Sail Tomini Bisa Dongkrak Ekonomi Bahari

Pemerintah Yakini Festival Boalemo dan Sail Tomini Bisa Dongkrak Ekonomi Bahari
Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani didampingi Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat memotong pita pada acara puncak Festivaal Boalemo 2015 di Gorontalo, Kamis (10/9). Foto: Kemenko PMK for JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menyatakan bahwa pemerintah berharap banyak pada penyelenggaraan Festival Boalemo 2015 yang menjadi satu rangkaian dari even internasional, Sail Tomini. Menurutnya, pemerintah ingin Festival Boalemo mampu mengangkat sektor pariwisata, khususnya wisata bahari.

Pada saat memberikan kata sambutan pada acara puncak Festival Boalemo di  Gorontalo, Kamis (10/9), Puan mengatakan, kabupaten hasil pemekaran itu memiliki potensi besar di sektor wisata bahari. "Boalemo berada di pesisir Teluk Tomini sehingga tidak heran kalau daerah ini memiliki panorama pantai yang indah dan kekayaan sumber daya hayati laut yang tinggi," ujarnya seperti dikutip dari siaran pers Kemenko PMK.

Puan yang juga ketua pengarah Sail Tomini 2015 menambahkan, Festival Boalemo merupakan salah satu cara untuk mempercepat pembangunan dan pengembangan sumber daya kelautan di daerah. Yang tak kalah penting, kata Puan, even itu berimbas pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat, khususnya di pesisir dan pulau-pulau kecil.

Karenanya Puan juga mengingatkan pentingnya pemerintah dan masyarakat Boalemo mencanangkan gerakan sadar wisata. “Gerakan ini adalah semangat membangkitkan partisipasi dan dukungan segenap komponen masyarakat dalam mendorong terwujudnya iklim yang kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya pariwisata di Kabupaten Boalemo, dengan tujuan akhirnya adalah meningkatkan kesejahteraan rakyat," ujar Puan.

Festival Boalemo yang mengusung tema  “Mutiara Khatulistiwa untuk Kehidupan Masa Depan” merupakan bagian dari Festival Sail Tomini 2015 yang dibuka pekan depan.  Menurut Puan, pembangunan budaya dan ekonomi bisa dilakukan secara terpadu melalui even seperti itu.

"Kita sebagai bangsa harus mampu membangun ekonomi dan budaya secara terpadu. Dengan berkembangnya pariwisata, akan membuka peluang bertumbuh kembangnya industri-industri lokal berbasis budaya yang pada saat ini mau tidak mau harus siap bersaing baik di pasar domestik maupun internasional," pungkasnya.(ara/JPG/JPNN)


JAKARTA - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menyatakan bahwa pemerintah berharap banyak pada penyelenggaraan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News