Pemilih di Malaysia Melonjak 4 Kali Lipat

Pemilih di Malaysia Melonjak 4 Kali Lipat
Pemilih di Malaysia Melonjak 4 Kali Lipat

jpnn.com - JAKARTA - Pemilihan umum presiden dan wakil presiden (pilpres) 2014, bagi warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri, Sabtu (5/7) kemarin berlangsung ramai.

Antusiasme masyarakat dalam early voting kemarin terlihat lebih besar jika dibandingkan pemilu legeslatif April lalu. Seperti terjadi di tempat pemungutan suara luar negeri (TPSLN) di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur dan Sekolah Indonesia Kuala Lumpur.
Sejak dibuka pada pukul 09.00 waktu setempat, WNI sudah yang berbondong-bondong mendatangi KBRI.

Bahkan hingga ditutup pukul 18.30 waktu setempat, mereka masih banyak yang datang untuk memberikan suara mereka. Dari catatan Migrant Care, hingga penutupan ada sebanyak 8.968 orang WNI yang telah secara langsung memberikan suara mereka. Jumlah ini jauh lebih besar jika dibandingkan jumlah pemilih pada pemilu legislatif April la lu sebanyak 1.723.

"Nah, memang kalau dibandingkan dengan pileg lalu meningkat sangat besar. Peningkatan mencapai 4 kali lipat pada pileg kali ini,” tutur analis kebijakan Migrant Care Wahyu Susilo yang turut mengawasi jalannya Pilpres di Kuala Lumpur.

Kendati berjalan lancar, ada beberapa catatan yang diberikan Migrant Care. Pertama, masih banyak WNI yang tidak masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Kedua, pihak panitia pemilihan luar negeri (PPLN) kurang masif dalam memberikan sosialisasi penyelenggaraan pesta de mokrasi itu.

"Yang datang justru mereka yang tidak terdaftar dalam DPT. Ini masih terjadi dan harus jadi catatan. Selain itu sosialiasi kurang," katanya.

Sementara itu, surat suara tersisa telah diamankan. Wahyu mengatakan, surat suara sisa telah dicoret sehingga tidak akan bisa disalahgunakan. Sedangkan untuk surat suara yang telah dicoblos, pihak PPLN telah memasukkannya dalam kotak dan disegel. Perhitungan suara baru akan dilakukan serentak pada tanggal 9 April nanti.

JAKARTA - Pemilihan umum presiden dan wakil presiden (pilpres) 2014, bagi warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri, Sabtu (5/7) kemarin berlangsung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News