Pemilih Pemula Mulai Melek Politik

Pemilih Pemula Mulai Melek Politik
Pilkada. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Kalangan pelajar setingkat SMA merupakan bagian dari pemilih pemula dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta. Untuk pertama kalinya, mereka akan menggunakan hak pilihnya pada hari pencblosan 15 Februari 2017.

Antusias kalangan pemilih pemuda di Jakarta ini terbukti dengan tingginya minat pelajar SMA/K se-DKI Jakarta mengikuti lomba pembuatan film pendek seputar pelaksanaan Pilgub DKI 2017 dengan tema ‘Aku Sudah Punya Pilihan’.

Sedikitnya, ada 30 kelompok siswa SMA/K se-DKI Jakarta mengikuti lomba pembuatan film pendek seputar pelaksanaan Pilgub DKI 2017. Festival film yang digelar oleh koordinatoriat Wartawan Balaikota DKI dan DPRD DKI Jakarta itu untuk menggali wawasan para remaja yang merupakan calon pemilih pemula.

Tiap kelompok siswa yang terdiri dari lima sampai 10 orang, bermain dalam cerita film pendek. Umumnya permasalahan yang diangkat, seputar kegiatan pelajar yang baru pertama kali memiliki e-KTP dan akan menjadi pemilih pemula pada Pilkada DKI.

Setelah melalui seleksi yang cukup ketat, lalu terpilih enam film yang masuk nominasi. Keenam film tersebut ditayangkan di hadapan publik di Gedung Joeang, Menteng, Jakpus, Senin (9/1).

Kordinator Wartawan Balaikota dan DPRD DKI Jakarta, Achmad Zubair mengatakan setelah melihat keenam film tersebut memperlihatkan keterampilan para pelajar patut diacungi jempol.

"Sebagian peserta sudah terlihat sangat memahami dasar-dasar produksi dan seni film," ujar dia. Acara dihadiri seratusan undangan, termasuk kalangan pelajar.

Penjurian film dilakukan secara netral oleh tiga juri, yakni Hendro Masto yang merupakan wartawan koran INDOPOS dengan penugasan sebagai redaktur halaman utama, sekaligus berkegiatan di komunitas Sakihara sebaai asisten kurator bidang teater.

 Kalangan pelajar setingkat SMA merupakan bagian dari pemilih pemula dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta. Untuk pertama kalinya, mereka

Sumber Indopos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News